Cara Daftar Internet Banking BCA via ATM dan Customer Service serta Aktivasi KeyBCA

Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi, sekarang ini fasilitas untuk melakukan transaksi semakin banyak. Kini orang bisa dengan mudah melakukan transaksi menggunakan internet banking. Apalagi kebutuhan internet saat ini yang sangat lekat dengan kehidupan manusia. Tak heran banyak orang yang berbondong-bondong mendaftar untuk internet banking.

Salah satu tujuan utama nasabah mengapa mereka mendaftar internet banking BCA tentu agar bisa transaksi perbankan tanpa harus pergi ke ATM ataupun teller. Karena hampir semua transaksi pada ATM dapat dilakukan oleh internet banking mulai dari yang sederhana seperti cek saldo, transfer, isi ulang pulsa, dan pembayaran lain. 

Semua transaksi yang berbasis internet banking tentunya dapat dilakukan dengan adanya jaringan internet, sehingga anda dapat melakukan setiap transaksi dengan internet banking menggunakan smartphone atau laptop anda. Jika anda mulai tertarik dengan penggunaan internet banking ini, anda harus mengetahui bagaimana cara daftarnya.

Mendaftar Internet Banking melalui Customer Service
Mendaftar Internet Banking melalui Customer Service

Mendaftar internet banking BCA atau biasa disebut dengan KlikBCA tidak dipungut biaya, hal ini harus anda perhatikan sehingga anda tidak akan mudah tertipu dengan penipuan yang banyak beredar di luaran sana. 

Meskipun pemungutan biaya pendaftaran tidak ada, namun anda tetap akan dikenakan tarif administrasi bulanan. Tarif adminitrasi ini antara yang mengaktifkan dan yang tidak tetap sama. Biaya yang diperlukan hanya bayar KeyBCA saja. Itupun sangat murah dan hanya dibayarkan satu kali. Besarannya kira-kira Rp10.000,00–Rp20.000,00.
Sebagai informasi tambahan, bahwa yang disebut dengan KeyBCA atau token BCA adalah sebuah alat kecil yang digunakan sebagai pengaman tambahan saat transaksi internet banking. Alat ini harus diaktivasi terlebih dahulu sesaat setelah mendaftar internet banking BCA. Setelah itu barulah anda bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi finansial seperti yang anda inginkan.

Dalam proses pendaftaran internet banking BCA atau IB BCA anda dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama, melalui ATM dan yang kedua adalah dengan mendatangi customer service di kantor cabang BCA. Perlu diperhatikan bahwa untuk pendaftaran internet banking ini anda tidak perlu mendatangi kantor cabang BCA tempat anda membuat rekening tersebut, sehingga anda bisa memilih yang terdekat.

Persyaratan yang perlu dipersiapkan

Yang perlu anda ketahui adalah, ternyata tidak semua pemilik rekening tabungan BCA bisa mendapatkan layanan ini. Hal ini karena sebagian ada yang tidak karena bergantung pada jenis tabungan BCA yang memang bermacam-macam.

Jika anda sudah memastikan bahwa jenis tabungan anda bisa mendaftarkan internet banking, maka anda perlu menyediakan syaat-syarat untuk mengaktifkan layanan berbasis internet ini. Beberapa syarat umum yang diperlukan dan harus anda lengkapi adalah kartu ATM BCA atau Paspor BCA. Contoh beberapa jenis rekening yang bisa di antaranya Tahapan, Expresi, BCA Dollar, dan sebagainya.

Tahapan Mendaftar Internet Banking BCA via ATM

Yang juga penting untuk anda ketahui sebagai nasabah BCA yaitu, ketika anda mebuat rekening BCA, maka anda tidak bis mendaftarkan layanan internet bankingnya di saat yang bersamaan. Biasanya anda harus menunggu 1 x 24 jam terlebih dahulu. Hal ini memang agak sedikit berbeda dengan layanan lainnya seperti sms banking dan mobile banking yang bisa diaktifkan saat itu juga.

Secara tidak langsung, hal ini menjadikan anda harus bolak-balik mengunjungi customer service jika ingin mendaftarkan rekening anda menjadi internet banking. Karena enggan melakukannya, biasanya beberapa nasabah memilih untuk mengaktifkan internet banking via ATM. Kemudahan ini tentu akan sangat membantu terutama bagi anda yang jarak antara rumah dengan cabang BCA terdekat saja cukup jauh.

Kelebihan mendaftar internet banking melalui ATM adalah bisa dilakukan tanpa batasan waktu karena aksesnya yang mudah selama 24 jam. Selain bisa dilakukan selama 24 jam, cara ini juga tidak mengharuskan antre karena jumlah ATM yang tersebar cukup banyak. Bagi orang yang sibuk dan tidak bisa bolos kerja, cara ini pasti sangat membantu. Belum lagi kini keberadaan ATM tentu lebih mudah dijangkau.

Karena mendaftar internet banking melalui ATM ini akan anda lakukan sendirian, sehingga anda harus mencermati tahapan dan langkah-langkahnya dengan teliti. Ingat, jangan sampai salah menekan menu pada mesin ATM. Berikut ini adalah urutan langkah mengaktifkan layanan internet banking lewat ATM

1. Masukkan kartu ATM BCA atau Paspor BCA Anda ke mesin ATM
2. Masukkan PIN ATM anda
3. Pilih menu Daftar E-Banking/Autodebet.
4. Kemudian pilih submenu Internet Banking.
5. Masukkan PIN KlikBCA keinginan Anda yang terdiri dari 6 digit.
6. Masukkan ulang PIN KlikBCA sebagai tahan konfirmasi PIN
7. Mesin akan mengeluarkan struk berisi user ID Anda yang nanti digunakan untuk login internet banking BCA.

Jika anda telah mendapatkan struk untuk login ke internet banking, maka segeralah login untuk mendaftarkan email dan nomor telepon anda. Sebagai catatan, anda harus memasukkan email dan nomor telepon yang benar. 

Mengapa? Karena nantinya email dan noor telepon tersebut akan digunakan untuk verfikasi jadi usahakan anda menggunakan email dan nomor telepon yang masih aktif dan bisa diakses.

Cara Mendaftar Internet Banking BCA KlikBCA Melalui Customer Service

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa anda memiliki dua pilihan ketika ingin mendaftarkan layanan internet banking untuk rekening anda. Selain mendaftar sendiri melalui mesin ATM, anda bisa juga mendaftar melalui customer servis yang tersedia di kantor-kantor cabang BCA.

Jadi, mendaftarkan internet banking BCA sebenarnya lebih baik melalui customer service langsung. Meskipun harus antre, Anda akan sekaligus mendapatkan KeyBCA. Bahkan biasanya di sana seluruh proses akan dikerjakan petugas di customer servis. Anda hanya tinggal menunggu dan duduk manis saja. 

Namun, sebelum Anda ke kantor cabang BCA, anda harus memastikan telah membawa beberapa syarata yang dibutuhkan. Bebeapa syarat yang harus ada adalah kartu identitas berupa KTP, SIM, atau Paspor; buku tabungan; dan kartu ATM. Syarat-syarat ini ditunjukkan kepada CS sebagai bukti bahwa Anda pemilik rekening yang akan diaktifkan layanan internet banking-nya.

Ada baiknya sebelum anda mendaftarkan rekening anda, pastikan semua syarat sudah lengkap. Jangan sampai ada yang tertinggal karena dapat menghambat proses mengaktifkan interne banking anda.

Cara Login Internet Banking BCA Pertama Kali dan Aktivasi KeyBCA

Bagi Anda yang mendaftar internet banking BCA secara mandiri lewat mesin ATM, cara login pertama kalinya ialah sebagai berikut:

1. Kunjungi laman internet banking BCA di https://ibank.klikbca.com. Melalui smartphone atau laptop anda.

2. Cari dan klik tombol login, kemudian isi kolom dengan memasukan user ID (dapat dilihat pada struk saat Anda registrasi internet banking) dan PIN internet banking (yang Anda buat ketika melakukan registrasi internet bank BCA via ATM).

3. Tampil halaman yang bertuliskan “Syarat dan ketentuan KlikBCA”. Anda harus baca dan kemudian klik “Setuju/Agree”. Ingat, anda harus memperhatikan setiap poinnya.

4. Masukkan email dan nomor kartu ATM BCA Anda serta pilih bahasa yang hendak digunakan (Bahasa Inggris/Indonesia), dengan begitu maka selesai sudah proses mengaktifkan internet bankin anda.

0 Response to "Cara Daftar Internet Banking BCA via ATM dan Customer Service serta Aktivasi KeyBCA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel