Cara Memblokir Kartu ATM BRI dan Membukanya Kembali Terbaru

Saat ini banyak sekali aksi kejahatan yang dilakukan lewat mesin ATM, salah satunya adalah skimming yang bisa membuat saldo ATM korbannya habis terkuras. Jika Anda mengalami kejadian skimming, kartu hilang, atau tertelan mesin ATM, maka Anda harus segera memblokirnya agar tidak bisa digunakan oleh orang lain. Anda bisa melakukan pemblokiran ini tanpa harus ke bank.

Cara Memblokir Kartu ATM BRI dengan PIN

Jika Anda masih memegang kartu ATM BRI, Anda bisa memanfaatkan PIN ATM untuk memblokirnya dengan mudah. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda curiga kartu ATM baru saja terkena skimming atau tindak penipuan lainnya. Caranya Anda harus memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 kali berturut-turut.

Syarat untuk Memblokir Kartu ATM BRI dan Membukanya Kembali
Syarat untuk Memblokir Kartu ATM BRI dan Membukanya Kembali

Jika Anda salah memasukkan PIN ATM 3 kali berturut-turut, maka otomatis sistem bank akan memblokir ATM Anda. Pemblokiran ini merupakan cara antisipasi dari pihak bank jika kemungkinan kartu ATM tersebut telah berpindah tangan dan digunakan oleh orang lain.

Cara Memblokir Kartu ATM BRI Lewat Layanan Call Center

Saat kartu ATM sudah tidak di tangan lagi, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang cepat dengan menghubungi call center BRI dengan nomor 14017 untuk hari kerja atau pada nomor (021) 1500 017 saat hari minggu atau libur nasional. Tapi ingat, Anda hanya boleh menghubungi 2 kontak resmi call center di atas. Jangan mudah percaya dengan nomor lain yang mengaku dari pihak BRI.
Perbedaan Jenis Kartu ATM BRI Private Label, Classic, Gold, & Premium
Sebelum menghubungi call center BRI Anda harus mempersiapkan beberapa hal seperti:

- Pulsa dalam jumlah yang cukup karena biasanya dibutuhkan biaya yang lumayan banyak untuk menghubungi nomor layanan resmi seperti ini.
- Anda sebaiknya menyiapkan dokumen pendukung seperti buku tabungan dan KTP.

Pihak call center akan memproses pengaduan dan permintaan pemblokiran kartu ATM Anda setelah berhasil melakukan verifikasi data kepemilikan rekening. Anda biasanya akan diminta untuk menyebutkan beberapa hal seperti:

- Nomor rekening.
- Nomor identitas KTP, SIM, atau passport yang dulu digunakan untuk membuka rekening.
- Alamat sesuai KTP.
- Nama ibu kandung.
- Perkiraan sisa saldo terakhir dalam ATM.

Cara Memblokir ATM BRI Melalui Mobile Banking BRI

Jika Anda telah mendaftarkan rekening pada layaan BRI Mobile, maka Anda tidak perlu menghubungi call center untuk memblokir kartu ATM. Anda bisa memanfaatkan aplikasi BRI Mobile yang telah ada pada smartphone Anda. Caranya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi BRI Mobile pada smartphone Anda.
2. Kemudian pilih menu Mobile Banking BRI.
3. Setelah masuk pilih menu yang paling bawah yaitu Pelayanan Nasabah.
4. Pilih option “Disable Kartu ATM”.
5. Masukkan PIN BRI Mobile Anda dengan benar.
6. Sistem kemudian akan secara otomatis mengirimkan pemberitahuan lewat SMS ke nomor ponsel Anda  bahwa kartu ATM BRI telah diblokir.

Cara Memblokir ATM BRI Melalui Internet Banking

Bagi Anda yang telah terhubung dengan layanan Internet Banking BRI, Anda juga bisa menggunakan opsi ini untuk segera memblokir kartu ATM yang hilang, tertelan mesin, atau ada indikasi skimming. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi BRI Mobile pada smartphone atau kunjungi website Internet Banking BRI di laptop/komputer Anda.
2. Pada aplikasi BRI Mobile, pilih menu Internet Banking BRI.
3. Kemudian Anda akan diminta memasukkan user ID dan password untuk bisa login ke layanan i-banking ini.
4. Kemudian pilih menu “Pelayanan Nasabah”.
5. Pilih opsi “Disable Kartu ATM”.
6. Pilih nomor rekening yang akan Anda blokir kartu ATM-nya.
7. Masukkan kembali password internet banking dan kemudian klik OK.
8. Kartu ATM Anda sudah resmi terblokir.

Cara Membuka Kartu ATM BRI yang Sudah Diblokir Melalui Bank

Jika Anda telah memblokir kartu ATM dengan cara salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut atau melalui call center, maka untuk mengaktifkannya kembali Anda harus datang langsung ke bank BRI dimana Anda membuka rekening. Anda tidak bisa mengaktifkan kembali ATM BRI hanya dari layanan call center, mobile banking, ataupun internet banking.

Anda cukup datang ke bank BRI dengan membawa bukti berupa buku tabungan, kartu ATM (jika masih ada), dan juga kartu identitas. Anda kemudian harus mengambil nomor antrian untuk bagian costumer service bukan pada teller. Tunggulah hingga nomor antrian dipanggil. Jika ada indikasi kartu Anda disalahgunakan oleh orang lain, Anda juga harus mengungkapkanya kepada petugas.

Cara Membuka Kartu ATM BRI yang Sudah Diblokir Melalui Mobile Banking

Jika Anda sebelumnya memblokir kartu ATM via aplikasi mobile banking, maka Anda bisa mengaktifkannya kembali melalui aplikasi yang sama. Anda tidak perlu pergi ke bank dimana Anda membuka rekening untuk membuka kartu ATM yang terblokir. Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi BRI Mobile yang tersedia pada smartphone Anda.
2. Kemudian pilih menu Mobile Banking.
3. Pilih opsi “Layanan Nasabah”.
4. Kemudian pilih “Enable Kartu ATM”.
5. Setelah Anda menekan opsi tersebut, maka akan ada SMS konfirmasi otomatis yang menyatakan bahwa kartu ATM Anda sudah dibuka kembali.

Cara Membuka Kartu ATM BRI yang Sudah Diblokir Melalui Internet Banking

Anda yang sudah terhubung dengan layanan internet banking, Anda bisa mengaktifkan kembali kartu ATM yang sudah diblokir melalui aplikasi/situs ini. Anda bisa menggunakan aplikasi BRI Mobile pada smartphone atau mengunjungi situs internet banking BRI di browser laptop/komputer. Cara mengaktifkan kembali kartu ATM Anda sebagai berikut:

1. Buka aplikasi BRI Mobile pada smartphone Anda.
2. Pilih menu Internet Banking BRI.
3. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan user ID dan juga password internet banking.
4. Kemudian pilih opsi “Layanan Nasabah”.
5. Klik pilihan “Enable Kartu ATM”.
6. Kemudian masukkan nomor rekening kartu ATM yang akan diaktifkan kembali.
7. Klik OK dan kartu ATM Anda sudah bisa digunakan kembali.

Berhati-hatilah saat menggunakan kartu ATM BRI. Pastikan Anda tidak pernah memberikan informasi apapun yang bersifat rahasia kepada sembarang pihak. Selain itu, Anda juga dihimbau untuk tidak mudah percaya pada nomor kontak asing yang biasanya tertera pada mesin ATM dan mengaku sebagai nomor layanan BRI. Pastikan Anda menghubungi pihak bank BRI yang asli.

0 Response to "Cara Memblokir Kartu ATM BRI dan Membukanya Kembali Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel