Cara Mengatasi Internet Banking BRI Terblokir

Jika internet banking BRI Anda terblokir, maka Anda harus segera mengurusnya ke bank BRI. Harus segera diurus karena jika tidak, Anda tidak dapat melakukan transaksi lagi dengan menggunakan internet banking BRI Anda. Merupakan hal yang sangat merepotkan jika gara-gara Internet Banking BRI Anda terblokir, Anda harus bolak-balik ke ATM untuk melakukan transaksi.

Cara Mengatasi Internet Banking BRI Terblokir
Cara Mengatasi Internet Banking BRI Terblokir

Internet Banking BRI dapat terblokir dengan dipicu oleh beberapa penyebab, di bawah ini akan dijelaskan beberapa penyebab mengapa internet banking BRI dapat terblokir. Selain itu, akan dijelaskan pula cara-cara atau langkah untuk mengatasi internet banking BRI yang terblokir. Simak uraian di bawah ini.

Penyebab Internet Banking BRI Terblokir

Anda perlu tahu mengapa atau apa yang menyebabkan internet banking BRI Anda dapat terblokir. Mengetahui penyebab internet banking terblokir supaya kedepannya Anda dapat menghindari hal tersebut dan kemudian Anda tidak akan mengulanginya lagi sebab untuk mengurus unblocking internet banking BRI akan lumayan menyita waktu Anda.

Penyebab internet banking BRI terblokir dapat disebabkan oleh kelalaian nasabah maupun pihak Bank BRI memang sengaja memblokir internet banking BRI Anda. Anda memang dapat meminta kepada pihak Bank BRI untuk memblokir internet banking Anda untuk suatu tujuan keamanan tertentu. Selain dari permintaan Anda, pihak bank juga dapat melakukan pemblokiran tanpa sepengetahuan Anda.
BRI Mobile: SMS Banking dan Internet Banking dalam Satu Aplikasi
Penyebab pertama yaitu datang dari kelalaian pengguna itu sendiri. Ketika Anda salah memasukkan password ataupun token pada internet banking Anda sebanyak tiga kali berturut-turut, internet banking BRI Anda akan terblokir. Tujuan pemblokiran akibat salah memasukkan PIN ini demi tujuan keamanan karena ditakutkan ada orang yang mencoba masuk ke internet banking BRI Anda.

Penyebab selanjutnya yaitu pihak bank yang memblokir internet banking BRI Anda atas permintaan dari Anda sendiri. Ketika smartphone Anda hilang atau ada orang yang mengetahui password dan user ID internet banking Anda, biasanya Anda akan menghubungi call center Bank BRI atau mendatangi langsung kantor cabang BRI untuk memblokir internet banking BRI Anda untuk keamanan.

Penyebab lain adalah Bank BRI yang melakukan pemblokiran tanpa sepengetahuan Anda. Pemblokiran jenis ini dapat terjadi ketika disinyalir terdapat adanya transaksi yang tidak wajar pada internet banking BRI Anda. Hal ini menyebabkan Anda tidak dapat bertransaksi melalui internet banking BRI. Bank melakukan pemblokiran seperti ini bertujuan untuk melindungi saldo di rekening Anda.

Penyebab yang terakhir adalah jika Anda sudah tutup rekening tabungan di Bank BRI sehingga tentu saja internet banking Bank BRI Anda sudah tidak dapat digunakan. Istilah lainnya adalah penghapusan akun internet banking BRI. Jika Anda tidak tutup rekening namun tidak ingin menggunakan internet banking BRI lagi, akun internet banking BRI Anda juga akan dihapus.

Mengaktifkan Internet Banking Tanpa Datang ke Bank

Jika Anda merupakan orang yang sibuk dan Anda tidak dapat datang ke kantor cabang Bank BRI pada jam dan hari kerja, Anda dapat mengurus pemulihan internet banking BRI Anda yang terblokir dengan cara menghubungi call center Bank BRI. Selain melalui call center, Anda juga dapat mengurus aktivasi internet banking melalui ATM.

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan ketika Anda akan menelepon call center guna mengaktifkan internet banking BRI yang terblokir. Syarat tersebut adalah kartu identitas dapat berupa KTP, SIM, atau passport. Kemudian kartu ATM dan buku tabungan serta nomor handphone yang aktif untuk menerima SMS yang berisi PIN dan mtoken.

Hal yang penting dan merupakan syarat utama ketika Anda ingin mengaktifkan kembali internet banking Anda melalui call center adalah Anda harus memiliki pulsa yang cukup banyak. Mengingat akan ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh call center untuk aktivasi kembali internet banking BRI Anda yang terblokir.

Call center bank BRI dapat dihubungi pada nomor 14017 atau 021-1500-017. Call center akan mengajukan beberapa pertanyaan selain identitas dan nomor rekening tabungan Anda. Pertanyaan tersebut berupa alamat dan nama ibu kandung Anda. Setelah semua pertanyaan selesai dijawab maka Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Anda harus tahu bahwa call center BRI hanya dapat menghapus akun internet banking BRI Anda. Jika Anda ingin mereset Anda harus datang ke ATM BRI setelah Anda menghubungi call center. Setelah melakukan registrasi di ATM BRI, Anda akan mendapatkan user ID dan password yang baru untuk internet banking BRI Anda.

Walaupun aktivasi internet bank BRI yang terblokir melalui call center dapat dilakukan kapan dan dimana saja, aktivasi melalui call center ini memiliki kelemahan. Kelemahannya yaitu transaksi yang dilakukan hanya berupa cek saldo dan mutasi rekening. Sementara untuk transfer dana, pembelian, dan pembayaran harus diaktifkan di kantor cabang BRI.

Mengaktifkan Internet Banking BRI yang Terblokir di Kantor Cabang BRI

Persyaratan yang harus dibawa ketika Anda mengurus aktivasi internet banking BRI yang terblokir adalah kartu identitas (KTP, SIM, atau passport), buku tabungan BRI, serta kartu ATM BRI. Selain itu Anda juga harus menyerahkan nomor handphone yang aktif karena proses aktivasi akan dikirimkan melalui SMS.

Untuk mengurus aktivasi, Anda perlu datang ke kantor cabang bank dan mendatangi customer service, sebelumnya Anda harus mengambil nomor antrean dan mengantri terlebih dahulu. Setelah sampai di customer sevice, Anda harus mengisi formulir dan ketika semua proses sudah dijalani Anda akan mendapatkan user ID dan password yang baru.

Kelebihan mengurus aktivasi internet bankin yang terblokir di kantor cabang Bank BRI adalah Anda dapat langsung menggunakan internet banking tersebut untuk transaksi finansial serta nonfinansial. Jadi Anda dapat melakukan pengecekan saldo, mutasi rekening, transfer dana antar rekening dan antar bank, serta melakukan pembelian dan pembayaran.

Kelemahan mengurus pembebasan pemblokiran di kantor cabang Bank BRI adalah Anda harus meluangkan waktu Anda untuk pergi ke kantor cabang bank. Kantor cabang bank hanya buka di jam dan hari kerja saja. Sehingga jika Anda bekerja atau masih kuliah atau sekolah, Anda harus ijin dan meluangkan waktu untuk mengurus pembebasan pemblokiran.

Untuk datang ke kantor cabang bank, Anda harus datang sendiri dan jangan diwakilkan. Sebenarnya bisa diwakilkan, namun mengurus surat kuasa untuk dibawa bersama perwakilan Anda sangatlah rumit. Akan menyita waktu serta biaya yang lebih. Sehingga sangat disarankan bila Anda datang sendiri ke kantor cabang Bank BRI.

Surat kuasa yang dimaksud harus dibuat dihadapan notaris. Jika menemui notaris tentu saja kita harus meluangkan waktu. Selain itu, terdapat biaya yang harus dibayarkan untuk mengurus pembuatan surat kuasa tersebut di notaris. Maka dari itu, mengirim perwakilan ke kantor cabang Bank BRI sangat tidak direkomendasikan.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab serta cara mengatasi internet banking BRI yang terblokir.

0 Response to "Cara Mengatasi Internet Banking BRI Terblokir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel