Cara Mengatasi KeyBCA Terblokir Akibat PIN Salah Tiga Kali

Pengalaman ini tentu sering kali dialami olah banyak orang. PIN KeyBCA anda yang secara tiba-tiba terblokir karena anda salah memasukkan kode pin hingga tiga kali, bukanlah hal baru. Hal ini memang sangat menyebalkan, sehingga anda sebagai pengguna KeyBCA harus mengerti bagaimana cara yang tepat dalam menangani hal tersebut.

Terkadang tidak sedikit orang yang terlalu panik dalam menghadapi kondisi ini, padahal ada cara tersendiri yang bisa anda tempuh ketika hal ini terjadi pada anda. Jangan sampai anda salah langkah karena dapat beresiko.

Mengatasi KeyBCA Terblokir
Mengatasi KeyBCA Terblokir 

Apa Tanda-tanda KeyBCA Terblokir? 

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi KeyBCA yang terblokir, anda harus mengerti apa saja tanda-tanda akun anda terblokir. Pertama, perlu anda ketahui bahwa ketika KeyBCA anda terbloki anda tetap masih bisa login internet banking BCA menggunakan user ID dan PIN KlikBCA.

Bedanya, dalam kondisi terblokir akses anda terbatas hanya untuk cek saldo, mutasi rekening, dan melakukan transaksi nonfinansial lain. Sedangkan akses lainnya seperti transfer, isi pulsa, dan pembayaran tidak bisa karena transaksi-transaksi finansial membutuhkan KeyBCA.

Selain itu, anda juga perlu memahami apa saja penyebab PIN KeyBCA anda bisa sampai terblokir. Hal ini penting untuk menghindari terjadi hal yang sama di kemudian hari. Ternyata, penyebab PIN KeyBCA terblokir tidak banyak macamnya, karena biasanya hal ini bisa terjadi disebabkan oleh kalalian penggunanya.
Macam-Macam Produk Tabungan Simpanan Bank BCA Terbaru
Alasan yang paling umum dijumpai yaitu pengguna lupa PIN. Setelah dicoba memasukkan dan salah tiga kali, akhirnya token BCA secara otomatis terblokir. Selain itu, jika Anda menyimpan KeyBCA di tempat yang memungkinkan terpencet tidak sengaja juga bisa menjadi penyebab KeyBCA ter-lock. Inilah yang kadang luput dari perhatian para penggunanya.

Maka dari itu, anda harus menyimpan pin anda sebaik mungkin dan mengingatnya. Bila perlu anda mencatatnya agar sewaktu-waktu anda lupa, KeyBCA anda tidak akan terblokir.

Langkah Awal

Jika menghadapi kondisi dimana pin KeyBCA anda terblokir secara otomatis akibat salah memasukkan kode sebanyak 3 kali, anda tidak dapat asal membenahinya, apalagi mencoba mengembalikannya sendiri. Hal ini akan menyalahi prosedur.

Anda disarankan untuk menghubungi langsung ke customer service terdekat. Hal ini adalah langkah pertama yang harus anda lakukan jika KeyBCA yang anda miliki sudah terblokir–karena hal apapun seperti lupa PIN, kepencet tidak sengaja, atau dibuat mainan anak–artinya sudah rusak.

Solusi satu-satunya ialah menukarnya dengan KeyBCA yang baru di cabang BCA terdekat, itulah mengapa anda perlu datang langsung ke customer service. Setelah itu barulah Anda bisa menggunakan kembali KeyBCA anda yang baru dengan normal.

Langkah Kedua

Jika anda datang ke cutomer service di cabang BCA terdekat, anda diharuskan membawa beberapa dokumen penting yang digunakan untuk keperluan mengembalikan KeyBCA anda yang terblokir. Beberapa persyaratan ini harus lengkap dan tidak bisa anda sepelekan karena sifatnya wajib. Biasanya dokumen yang diminta adalah dokumen yang berhubungan dengan identitas anda.

Beberapa dokumen pribadi yang penting untuk anda bawa adalah kartu identitas yang Anda gunakan saat mulai membuat rekening tersebut, buku tabungan dari rekening yang anda miliki tersebut, kartu ATM BCA atau Paspor BCA, dan KeyBCA yang ingin diganti.

Mengapa anda perlu melengkapi syarat dokumen tersebut? Karena syarat-syarat itu diperlukan sebagai bukti bahwa Anda adalah pemilik rekening yang berhak untuk mengajukan pergantian tersebut.

Jika anda bertanya mengenai berapa harga pergantian KeyBCA untuk akun yang terblokir, maka jawabannya adalah tidak ada biaya yang dikenakan dalam proses pergantian KeyBCA.
Namun, ketika anda telah mendapatkan KeyBCA yang baru, biasanya anda akan diminta untuk membayar sebesar Rp. 10.000,00. Perlu anda pahami bahwa biaya tersebut bukan biaya penggantian KeyBCA, melainkan adalah biaya pembelian token baru anda.

Aktivasi KeyBCA dengan KlikBCA?

Setelah anda mendapatkan KeyBCA anda yang baru, ada langkah-langkah yang perlu anda lakukan ketika memulai proses aktivasi KeyBCA dengan KlikBCA. Agar KeyBCA baru bisa digunakan sebagai pengaman tambahan transaksi finansial maka cara yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka laman KlikBCA di https://ibank.klikbca.com.
2. Masuk ke akun anda dengan cara login individual, dan gunakan user ID serta PIN KlikBCA Anda.
3. Kemudian klik pada menu Administrasi yang tersedia di halaman awal setelah anda masuk ke akun anda
4. Perhatikan pada submenu Aktivasi KeyBCA, lalu pilih submenu tersebut
5. Lanjutkan dengan mengisi kolom sesuai dengan perintah
6. Pada kolom pertama harus anda isi dengan nomor kartu ATM Anda yang terdiri dari 16 digit anga. Jangan sampai salah memasukkan nomor kartu ATM anda.
7. Selanjutnya pada kolom tengah isikan dengan nomor seri KeyBCA (lihat pada bagian belakang di token BCA).
8. Kolom terakhir diisi dengan respon KeyBCA APPLI 1 (caranya baca poin 9–12 berikut).
9. Ambil KeyBCA dan hidupkan.
10. Masukkan PIN KeyBCA yang sesuai.
11. Saat layar bertuliskan APPLI_, pastikan untuk menekan tombol angka 1 pada KeyBCA.
12. Selanjutnya anda akan melihat pada layar KeyBCA akan memunculkan kode respon APPLI 1.
13. Masukkan kode respon tersebut pada laman KlikBCA seperti tertera dalam poin nomor 8 di atas.
14. Kemudian anda harus matikan KeyBCA dengan menekan tombol merah sebanyak dua kali.
15. Langkah berikutnya adalah kembali ke laman KlikBCA. Semua kolom sudah terisi, dan kemudian klik tombol Kirim/Send yang berada di bawahnya.
16. Layar akan menampilkan pemberitahuan aktivasi KeyBCA baru anda telah berhasil.

Dengan selesainya langkah di atas, itu artinya permasalahan KeyBCA anda yang terblokir terselesaikan dengan mendapatkan KeyBCA baru. KeyBCA atau token baru itu juga sudah berhasil diaktivasi dan siap digunakan untuk tambahan pengaman transaksi internet banking BCA seperti sedia kala.

Untuk selanjutnya ada baiknya anda mulai berhati-hati menggunakan KeyBCA anda. Jangan lupa untuk mencatat pin anda dan jangan sampai permasalahan yang sama terulang lagi untuk kedua kalinya. Pastikan semua data pribadi anda aman, karena hal tersebut penting untuk diperhatikan. Selain itu juga anda perlu memperhatikan prosedur dan ketentuan yang berlaku dari pihak BCA.

0 Response to "Cara Mengatasi KeyBCA Terblokir Akibat PIN Salah Tiga Kali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel