Cara Mengganti User ID dan Password Internet Banking BRI yang Lupa

Di masa kini, untuk melakukan transaksi seperti mengecek saldo, cek mutasi rekening, pembelian, pembayaran, serta transfer dana antar bank Anda tidak perlu pergi ke kantor cabang bank atau pergi ke ATM. Cukup duduk santai di rumah, maka semua transaksi ang disebutkan tersebut bisa Anda lakukan sembari bersantai melalui internet banking BRI.

Cara Mengganti User ID dan Password Internet Banking BRI
Cara Mengganti User ID dan Password Internet Banking BRI

Internet banking BRI merupakan layanan Bank BRI yang memungkinkan Anda dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman kapan dan dimana saja. Dilengkapi dengan user ID dan password yang memungkinkan transaksi dapat berjalan aman dan hanya dapat dilakukan oleh pemilik user ID dan password tersebut. Namun bagaimana jika Anda lupa user ID dan password tersebut?

Mengganti User ID dan Password Melalui Call Center

Jika Anda merupakan yang yang tidak memiliki fleksibilitas waktu untuk pergi ke kantor cabang bank BRI pada hari dan jam kerja dimana itu merupakan jam kerja bank, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mengganti user ID dan password internet banking Anda dengan yang baru melalui call center. Call center memungkinkan Anda mengganti user  ID dan password kapan dan dimana saja.

BRI call center dapat Anda hubungi di nomor 14017 atau 021-57-987-400. Sebelum menghubungi BRI call center, pastikan Anda tahu betul dan telah menyiapkan persyaratan-persyaratan untuk mengganti user ID dan password. Persiapan tersebut dilakukan untuk mengefisienkan waktu ketika Anda ditanya oleh petugas BRI call center untuk mengurus penggantian user ID dan password.

Hal utama dan yang pertama harus Anda siapkan adalah pulsa yang cukup banyak. Pulsa ini merupakan hal yang krusial karena ketika kita menghubungi BRI call center akan memerlukan waktu yang lumayan lama sehingga pulsa Anda akan terpotong banyak. Demi kelancaran penggantian user ID dan password internet banking, siapkan pulsa yang cukup banyak.
Ganti buku tabungan BCA yang habis, rusak, hilang
Jika telepon terputus pada saat Anda mengurus penggantian user ID dan password, Anda harus kembali menelepon BRI call center. Namun Anda tidak dapat melanjutkan percakapan yang terputus. Anda harus mengulang percakapan dan menjawab pertanyaan petugas BRI call center dari awal. Maka dari itu pulsa merupakan syarat yang utama dan krusial.

Syarat-syarat berikutnya adalah Anda harus menyiapkan kartu identitas berupa KTP, SIM, atau passport. Selain itu Anda juga harus menyiapkan buku tabungan Anda serta kartu ATM Anda. Nantinya Anda harus menyebutkan nomor rekening serta nomor kartu ATM sebagai bukti bahwa Anda memang pemilik rekening tersebut.

Ketika menghubungi BRI call center, yang menjawab adalah mesin penjawab otomatis. Anda ikuti saja langkah-langkah yang diarahkan sehingga Anda akan terhubung ke bagian customer service. Setelah terhubung dengan customer service, mereka akan memverifikasi dengan memberikan beberapa pertanyaan apakah Anda benar-benar pemilik rekening tersebut.

Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan persyaratan yang telah Anda siapkan sebelumnya seperti pertanyaan mengenai nomor rekening Anda, nomor kartu ATM Anda, alamat, serta pertanyaan keamanan seperti siapa nama ibu kandung Anda. Jawablah pertanyaan dari customer service tersebut dengan baik dan benar.

Setelah jawaban terjawab dengan benar, customer service akan membantu untuk menghapus user ID dan password lama Anda. Customer service hanya dapat membantu menghapus saja, mereka tidak dapat membantu Anda untuk mereset ulang user ID dan password. Sehingga untuk reset Anda perlu melakukannya sendiri di ATM setelah menghubungi BRI call center.

Ketika telah sampai di mesin ATM, Anda ikuti langkah-langkah seperti Anda membuat user ID dan password yang baru. Anda dapat membuat password sesuai dengan keinginan Anda. Nantinya user ID akan tercetak pada kertas yang akan keluar setelah Anda selesai melakukan penggantian user ID dan password.

Kelemahan dari penggantian password melalui call center adalah untuk selanjutnya internet banking hanya dapat digunakan untuk transaksi nonfinansial. Transaksi non finansial berupa cek saldo dan cek mutasi saja. Sehingga jika Anda ingin melakukan transaksi finansial, Anda harus tetap pergi ke kantor cabang Bank BRI.

Mengganti user ID dan Password di Kantor Cabang BRI

Ketika Anda merupakan orang yang memiliki fleksibilitas waktu, Anda dapat pergi ke kantor cabang BRI tanpa diwakilkan untuk mengurus penggantian user ID dan password internet banking BRI Anda. Sehingga Anda dapat melakukan transaksi finansial melalui akun internet banking BRI Anda. Transaksi finansial tersebut adalah transfer dana antar rekening dan antar bank, pembelian, dan pembayaran.

Syarat pertama untuk mengurus penggantian user ID dan Password di kantor cabang BRI adalah Anda harus datang sendiri tanpa diwakilkan. Bila tidak bisa datang dan kedatangan Anda diwakilkan, Anda harus mengurus surat kuasa yang dibuat di depan notaris. Hal ini tentu sungguh merepotkan dan akan memakan waktu dan biaya lebih.

Syarat selanjutnya adalah Anda harus membawa kartu identitas Anda. Kartu identitas dapat berupa KTP, SIM, atau passport. Selain itu untuk menujukkan bukti kepemilikan rekening, Anda juga harus membawa kartu ATM dan buku tabungan Anda. Bawa ketiga persyaratan tersebut ke kantor cabang BRI yang terdekat.

Kantor cabang BRI yang Anda datangi cukup kantor cabang BRI terdekat saja, tidak perlu Anda datang ke kantor cabang dimana Anda membuka rekening tabungan untuk pertama kali atau kantor cabang dimana Anda melakukan aktivasi internet banking BRI untuk pertama kali. Pilih kantor cabang Bank BRI yang paling dekat dengan lokasi Anda.

Saat Anda mendatangi kantor cabang Bank BRI, pertama Anda harus mengambil nomor antrean lalu selanjutnya Anda menunggu giliran untuk dipanggil ke customer service. Setelah itu Anda sampaikan bahwa maksud Anda ingin melakukan penggantian user ID dan password internet banking BRI Anda.  Kemudian tunjukan kartu identitas, buku tabungan, serta kartu ATM yang sudah Anda bawa.

Setelah itu customer service mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan. Jawablah pertanyaan tersebut dengan benar. Lalu setelah semua pertanyaan terjawab, Anda akan diberikan formulir untuk diisi. Setelah itu Anda tinggal menunggu saja supaya Anda dapat menunggu user ID dan password internet banking BRI Anda yang baru.

Keuntungan dari mengurus penggantian user ID dan password ke kantor cabang Bank BRI adalah Anda langsung dapat melakukan transaksi finansial dan nonfinansial dari internet banking Anda. Namun kekurangannya adalah tidak adanya fleksibilitas waktu. Anda harus mendatangi kantor cabang Bank BRI sesuai jam dan hari kerja kantor cabang Bank BRI tersebut.

Demikianlah cara untuk mengurus penggantian user ID dan password internet banking Bank BRI jika Anda lupa akan user ID dan password tersebut. Anda tinggal memilih cara apa yang akan Anda tempuh untuk mengurus penggantian user ID dan password. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan dan fleksibilitas waktu yang Anda miliki.

0 Response to "Cara Mengganti User ID dan Password Internet Banking BRI yang Lupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel