Cara Registrasi dan Mengaktifkan Mobile Banking BCA via ATM dan Customer Service

Menggunakan m-banking BCA memberikan kemudahan dan kepraktisan tersendiri dalam menghemat waktu dan tenaga. Anda bisa melakukan transfer tanpa harus ke ATM, membeli pulsa tanpa harus ke konter dan lain sebainya. Dibalik semua itu, sudah taukah Anda bagaimana cara registrasi dan aktivasinya? Jika belum mengetahuinya, simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Registrasi dan Mengaktifkan Mobile Banking BCA
Cara Registrasi dan Mengaktifkan Mobile Banking BCA


Registrasi via ATM

  1. Pergilah ke ATM BCA terdekat dari rumah Anda yang tentunya sedang tidak dalam perbaikan.
  2. Masukkan ATM dan input PIN seperti biasa.
  3. Pilih Transaksi Lainnya, kemudian pilih menu Daftar E-Banking yang biasanya terletak pada pojok kiri layar.
  4. Ada beberapa menu yang muncul, pilih menu Mobile Banking.
  5. Layar akan menampilkan pemberitahuan terkait pengaktifan m-banking BCA dan petunjuk terkait peringatan bahwa PIN yang Anda buat tidak boleh berpindah tangan ataupun diketahui oleh orang lain.
  6. Isikan nomor telepon Anda dengan benar. Pastikan nomor telepon tersebut aktif.
  7. Nanti akan muncul sebuah konfirmasi bahwa nomor yang Anda input benar atau salah. Teliti lagi nomor tersebut, jika sudah benar pilih Ya.
  8. Akan muncul kolom dan perintah untuk menginputkan PIN m-BCA yang nantinya Anda gunakan. Pengisian PIN ini disarankan berbeda dengan PIN ATM untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  9. Masukkan PIN m-BCA tadi sebagai konfirmasi ulang.
  10. Di layar nanti akan menampilkan notifikasi bahwa proses registrasi m-BCA telah berhasil.
  11. Tunggulah beberapa saat sampai struk pemberitahuan registrasi m-BCA keluar. Simpan struk tersebut sebagai bukti.

Registrasi via CS Bank

Jika ingin registrasi melalui CS bank, maka Anda sebaiknya datang lebih awal mengingat pada hari-hari tertentu bank akan sangat ramai. Sebelum berangkat, pastikan keperluan dokumen untuk registrasi telah lengkap. Dokumen tersebut diantaranya adalah KTP asli, buku tabungan, kartu ATM serta pastikan nomor telepon yang ingin didaftarkan dalam kondisi aktif.

Pergilah ke salah satu cabang bank BCA, lalu ambil antrian untuk CS. Setelah giliran Anda dipanggil, katakanlah bahwa Anda ingin registrasi mobile banking. CS nantinya akan meminta keperluan dokumen yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Selain itu, biasanya Anda diminta untuk mengisi form pengajuan registrasi mobile banking untuk pertama kalinya.
Isilah form tersebut dengan benar dan teliti lagi sebelum diserahkan kemudian diproses lebih lanjut oleh CS. 

Proses biasanya akan memakan waktu selama kurang lebih 5-10 menit saja, sudah termasuk membuat PIN m-BCA. Setelah proses selesai, Anda tinggal mengaktifkan m-banking tersebut.

Cara Mengaktifkan m-BCA

Setelah berhasil registrasi, tahap selanjutnya adalah mengaktifkannya agar dapat digunakan. Pastikan nomor yang didaftarkan terpasang pada ponsel Anda dan tentunya aktif. Carilah menu SIM Card, perlu diperhatikan bahwa masing-masing operator berbeda-beda.

Bagi pengguna operator XL, Anda bisa menemukan menu m-BCA pada menu Life In Hand/XL Life/Layanan Data. Untuk pengguna Telkomsel bisa menemukannya di T-SEL Menu dan Indosat di menu M3 Access. Setelah menemukan menu tersebut, nantinya akan muncul sub menu lainnya. Berikut adalah langkah aktivasinya :

  1. Pilih menu m-BCA, kemudian menu m-Admin dan klik Ok.
  2. Pilih menu Aktivasi dan nantinya akan muncul pemberitahuan terkait persetujuan layanan dan persyaratan lainnya. Anda cukup menekan Ok.
  3. Nanti akan muncul kolom untuk mengisikan nomor kartu ATM Anda yang berjumlah 16 digit. Inputlah dengan benar dan jangan sampai salah, klik Ok.
  4. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN m-BCA yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik Ok dan proses aktivasi m-BCA telah berhasil.

Kelebihan dan Kekurangan Registrasi via ATM dan CS

Kedua cara di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika melalui ATM, Anda tentunya dapat menghemat waktu karena tidak antri terlalu banyak dan tentunya tidak mengeluarkan ongkos perjalanan.

Sedangkan via CS bank, maka Anda akan berpacu dengan waktu. Dimana jika semakin siang Anda datang ke bank tersebut, maka antrian juga semakin banyak dan tentunya akan menyita waktu Anda. Selanjutnya, registrasi melalui ATM hanya dapat mengaktifkan transaksi non finansial saja. Berbeda jika melalui CS bank yang bisa mengaktifkan seluruhnya, baik non finansial maupun finansial.

Penggunaan mobile banking BCA memang praktis, namun Anda perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Jangan sampai ada orang yang mengetahui PIN Anda, karena nantinya akan berakibat fatal. Penggunaannya yang praktis ini tidak jarang membuat banyak orang menjadi sedikit boros, oleh karena itu tetap kontrol pengeluaran uang.

0 Response to "Cara Registrasi dan Mengaktifkan Mobile Banking BCA via ATM dan Customer Service"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel