Kartu ATM BRI Terblokir: Penyebab, Cara, dan Syarat Mengatasi Terbaru

Apakah saat ini kartu ATM BRI Anda tiba-tiba tidak bisa digunakan? Beragam masalah memang sering muncul saat menggunakan kartu ATM bank apapun, salah satunya adalah kartu ATM yang terblokir oleh sistem. Ada beberapa sebab mengapa kartu ATM Anda diblokir. Anda bisa mengurus masalah ini di kantor bank BRI agar Anda bisa bertransaksi lagi dengan nyaman dan aman melalui mesin ATM.

Kartu ATM BRI Terblokir
Kartu ATM BRI Terblokir


Penyebab Kartu ATM BRI Terblokir

Kartu ATM BRI yang terblokir oleh sistem sebenarnya merupakan salah satu langkah preventif dari pihak bank untuk menghindari penyalahgunaan kartu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa penyebab mengapa kartu Anda terblokir seperti:

1. Salah Memasukkan PIN

Personal Identification Number merupakan kode rahasia yang hanya diketahui oleh pemilik kartu ATM. Mungkin saja suatu saat Anda lupa dengan 6 nomor PIN ATM BRI dan akhirnya 3 kali salah berturut-turut memasukkan PIN tersebut. Akibatnya, sistem dalam mesin ATM akan otomatis memblokir kartu Anda.

Mengapa sistem bisa memblokir kartu jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut? Kondisi ini bisa terjadi karena faktor keamanan. Karena mungkin saja yang menggunakan kartu ATM tersebut bukanlah pemiliknya yang sah dan kemungkinan akan disalahgunakan.

2. Disalahgunakan oleh Orang Lain

Kemungkinan kedua adalah kartu ATM Anda pernah disalahgunakan atau coba diakses oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda. Misalnya saja ada anggota keluarga yang mencoba menggunakan kartu ATM untuk bertransaksi namun tak tahu kode PIN yang benar. Ia kemudian mencoba memasukkan PIN secara acak sehingga sistem pun otomatis memblokirnya karena PIN salah.

3. Sengaja Diblokir oleh Pemiliknya

Kemungkinan berikutnya adalah pemilik kartu ATM BRI yang memang sengaja memblokir kartunya karena alasan tertentu. Misalnya hilang, tertelan mesin ATM, ataupun dibawa oleh orang lain. Pemilik kemudian melakukan tindakan pencegahan dengan sengaja memblokir kartu agar sisa saldo dalam ATM tidak bisa diambil oleh orang lain.

4. Kartu Expired

Kartu ATM memiliki masa aktif sekitar 5 tahun sejak diterbitkan. Jadi setiap 5 tahun sekali, Anda harus memperbaharui kartu ATM BRI di kantor cabang terdekat. Jika tidak diperbaharui, kartu yang sudah expired ini tidak akan bisa digunakan untuk transaksi apapun. Layar monitor mesin ATM akan menunjukkan keterangan bahwa kartu Anda sudah expired dan harus diganti dengan yang baru.

Dampak Kartu ATM BRI yang Terblokir

Saat kartu ATM BRI Anda sudah terblokir, Anda harus direpotkan oleh berbagai kendala seperti:

1. Tidak bisa melakukan transaksi apapun melalui mesin ATM seperti tarik tunai, transfer, dan juga pembayaran. Jika Anda ingin melakukan 3 jenis transaksi ini, Anda terpaksa harus mengantri di petugas teller bank BRI.
2. Semua fasilitas yang terdaftar atas nama rekening Anda seperti SMS Banking, Internet Banking, dan juga Mobile Banking tidak bisa digunakan lagi.
Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Tertelan Mesin Terbaru
Syarat-Syarat Mengurus Kartu ATM BRI yang Terblokir

Agar kartu ATM Anda bisa digunakan kembali, Anda harus menyiapkan syarat-syarat dokumen yang nantinya harus dibawa ke kantor Bank BRI terdekat. Anda sebaiknya menyiapkan dokumen berupa:

1. Buku tabungan.
2. Kartu identitas yang dulu digunakan untuk membuka rekening seperti KTP, SIM, atau passport.
3. Membawa kartu ATM yang terblokir.
4. Membawa sejumlah uang untuk biaya administrasi.

Tata Cara Mengurus Kartu ATM BRI yang Terblokir

Setelah Anda selesai menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan, Anda harus menuju ke kantor cabang Bank BRI terdekat dari rumah Anda. Untuk mengurus kartu ATM ini, Anda tidak perlu datang ke kantor bank BRI dimana dulu Anda membuka rekening. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat sudah sampai di bank BRI:

1. Ambil nomor antrian untuk bagian costumer service, bukan antrian bagian teller bank.
2. Kemudian tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.
3. Setelah dipanggil, kemudian katakana kepada petugas costumer service Bank BRI bahwa kartu ATM Anda telah terblokir dan Anda ingin mengurusnya.
4. Serahkan semua syarat-syarat yang telah disiapkan kepada petugas costumer service.
5. Petugas costumer service kemudian akan memberikan formulir yang harus Anda isi dengan benar dan ditandatangani.
6. Anda kemudian harus membayar biaya administrasi pembukaan kartu ATM yang terblokir sebesar Rp 5.000,00.
7. Setelah selesai, maka kartu ATM Anda yang lama akan digesekkan pada mesin mini ATM untuk di-reset ulang. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor PIN ATM yang baru sebanyak 2 kali.
8. Setelah langkah ini, maka kartu ATM BRI Anda sudah aktif kembali dan bisa digunakan secara normal seperti sebelumnya.

Cara Mengurus Kartu ATM BRI yang Terblokir dan Hilang

Jika Anda sebelumnya sengaja memblokir kartu ATM karena hilang atau tertelan mesin, maka Anda juga harus mengurusnya di kantor bank BRI terdekat. Hanya saja untuk syarat-syaratnya, Anda tidak perlu membawa kartu ATM yang lama karena memang sudah hilang. Cara mengurusnya pun sama yaitu:

1. Anda harus membawa dokumen tambahan berupa surat kehilangan dari kepolisian setempat jika kartu Anda hilang. Namun jika kartu Anda terblokir setelah tertelan mesin ATM, maka Anda tidak butuh surat kehilangan dari kepolisian.
2. Anda kemudian bisa mengurus di bagian costumer service bank BRI.
3. Katakan kepada petugas bahwa kartu Anda hilang dan Anda sudah memblokirnya agar tidak disalahgunakan.
4. Costumer service bank BRI kemudian akan meminta dokumen yang dipersyaratkan seperti di atas.
5. Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan ditandatangani.
6. Kemudian Anda harus membayar biaya penggantian kartu ATM dengan yang baru sebesar Rp 15.000,00.
7. Anda akan mendapatkan kartu ATM BRI yang baru.
8. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor PIN yang baru pada mesin mini ATM sebanyak 2 kali.
9. Saat proses sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan kartu ATM baru yang bisa digunakan dengan normal kembali.

Kejadian kartu ATM yang terblokir tiba-tiba memang sangat menyebalkan, apalagi jika kartu tersebut akan Anda gunakan untuk transaksi penting. Namun ini sebenarnya hanyalah salah satu tindakan pencegahan dari aksi kriminalitas dan penyalahgunaan kartu ATM yang pasti sangat penting untuk Anda.

0 Response to "Kartu ATM BRI Terblokir: Penyebab, Cara, dan Syarat Mengatasi Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel