Kelebihan dan Kekurangan ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking

Pastinya Anda sudah mengenal ATM, SMS banking, mobile banking, dan juga internet banking yang merupakan fasilitas tambahan yang akan nasabah peroleh apabila hendak membuat rekening bank. Bank-bank ternama seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, Permata, dan lainnya menyediakan fitur ini.

ahukah Anda jika mengaktifkan SMS banking, mobile banking, dan internet banking tidak dipungut biaya registrasi ataupun tambahan biaya administrasi bulanan sedikit pun. Oleh sebab itu, ada baiknya bagi Anda untuk mengaktifkan semuanya. Mengapa? Hal ini dikarenakan layanan-layanan ini dapat saling melengkapi untuk kenyamanan transaksi perbankan Anda.

Kelebihan dan kekurangan mobile banking
Kelebihan dan kekurangan mobile banking

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari layanan-layanan tersebut, diantaranya:

1.     Kelebihan dan Kekurangan ATM

Perlu Anda ketahui bahwa kartu ATM tergolong ke dalam fasilitas yang paling dasar yang bisa diperoleh saat pembuatan rekening bank baru. Adapun wujudnya seperti kartu dan terbuat dari plastik.
Keunggulan paling utama dari kartu ATM adalah bisa tarik tunai. Tahukah Anda bahwa SMS banking, m-banking, dan internet banking pada dasarnya memang bisa melakukan semua transaksi, kecuali mengambil uang atau tarik tunai. Selain itu, kartu ATM juga dapat digunakan untuk menabung pada mesin setor tunai.

Keuntungan ATM lainnya ialah dapat digunakan pada ATM bank apapun. Sebagai contoh, kartu ATM BCA, masih bisa Anda gunakan pada ATM BNI, BRI, Mandiri, dan lainnya. Namun, penggunaan lintas bank akan dikenakan biaya tambahan. Sekurang-kurangnya sekitar Rp 5.000,00 – Rp 7.500,00 per transaksi.

Selain itu, ATM juga bisa dimanfaatkan untuk mengoperasikan ATM luar negeri, walaupun ATM tersebut milik bank lokal negara lain. Meskipun rekening Anda tabungan rupiah dan kartu ATM-nya digunakan di Amerika, mesin akan tetap mengeluarkan uang dollar. Hal ini sangat berguna sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang cash.
Disamping itu, ATM juga dapat dipakai sebagai kartu debit. Dimana Anda bisa berbelanja di toko yang menyediakan mesin EDC. Ketika hendak membayar, Anda bisa langsung menggesekkan kartu ke mesin EDC guna melakukan pembayaran, layaknya kartu kredit.
Sedangkan, untuk kekurangannya, ATM tidak bisa digunakan untuk transaksi di rumah ataupun tempat-tempat pribadi seperti halnya SMS banking, mobile banking, ataupun internet banking. Sehingga, apabila tempat tinggal Anda jauh dari lokasi ATM, hal ini tentu akan merepotkan.

2.     Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking

Selanjutnya, ada SMS banking yang merupakan fasilitas tambahan selain kartu ATM. Kelebihan utama dari SMS banking ini sendiri yakni dapat melakukan transaksi perbankan dari rumah, sehingga Anda tidak perlu repot mencari ATM ataupun datang ke kantor cabang bank.

Selain itu, waktu dan tempat juga lebih fleksibel, Anda bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja, asalkan area tersebut terdapat sinyal operator SIM-card yang Anda gunakan.Tentu saja, kartu SIM yang Anda gunakan tersebut haruslah memiliki pulsa.

Berikutnya, keuntungan dari transaksi SMS banking ini ialah aman karena menggunakan media pribadi. Usahakan untuk tidak memberitahu perihal data pribadi terkait rekening kepada orang lain. Hal ini bertujuan supaya tidak ada orang lain yang bisa berbuat kriminal. Sekalipun itu kepada keluarga maupun pasangan Anda.

Selain itu, keunggulan dari SMS banking ini ialah dapat dijalankan dengan smartphone tipe apa saja. Tak harus smartphone merk mahal seperti i-Phone ataupun android keluaran terbaru, handphone jadul atau low end sekali pun juga tidak masalah.

Sedangkan, untuk kekurangan SMS banking ini yaitu tidak bisa tarik tunai. Anda bayangkan saja. jika bisa tarik tunai, maka uang akan keluar dari mana? Selanjutnya, biaya SMS banking juga memakan tarif yang lebih mahal ketimbang SMS biasa. Selain itu, SMS banking juga sedikit lebih ribet karena Anda harus menghafal format kode perintah yang harus dikirimkan melalui SMS.

3.     Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking (m-Banking)

Seperti yang kita ketahui, mobile banking memang cenderung sama halnya dengan layanan SMS banking. Mengapa? Ya, karena keduanya sama-sama dijalankan melalui smartphone. Hal yang membedakan adalah mobile banking menggunakan koneksi internet untuk melakukan transaksi.

Dari segi keunggulannya, mobile banking hampir sama seperti SMS banking yakni bisa dilakukan melalui smartphone pribadi dengan waktu dan tempat yang fleksibel, kapan pun dan di mana pun.
Keunggulan lainnya yaitu mobile banking cenderung lebih simpel daripada SMS banking. Hal ini dikarenakan m-banking menggunakan metode aplikasi. Dimana penggunaannya sendiri tidak ribet dan tidak membutuhkan format kode perintah.

Namun, terdpaat kelemahan dari mobile-banking ini sendiri yakni hampir sama seperti SMS banking, keduanya sama-sama tidak bisa mengambil uang atau tarik tunai. Selain itu, beberapa bank juga masih merasa kesulitan karena mengharuskan memasukkan PIN yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda. Lalu, ponsel yang Anda gunakan tersebut juga harus dipasangi kartu SIM yang nomornya sudah terdaftar.

4.     Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking

Berdasarkan perkembangan teknologi, saat ini terdapat layanan perbankan yang mampu memudahkan para nasabah dalam bertransaksi, salah satunya dengan internet banking, dimana Anda tidak harus mengaksesnya melalui laptop atau PC. Anda bisa melakukannya melalui Smartphone.
Jika pada SMS banking menggunakan fitur SMS dan mobile banking menggunakan metode aplikasi, maka internet banking menggunakan browser. Pastinya dibutuhkan koneksi internet supaya bisa mengunjungi situs internet banking bank terkait.

Berdasarkan survey, internet banking menjadi salah satu layanan yang cenderung paling fleksibel. Keunggulan yang paling utama ialah Anda bisa mengakses di mana dan kapan saja, asalkan Anda mempunyai gadget dan juga koneksi internet. Hampir semua jenis transaksi yang ada pada ATM bisa dilakukan melalui internet banking, bahkan layanan ini memiliki fitur yang lebih baik ketimbang ATM.

Lain halnya dengan SMS banking yang mewajibkan para nasabah untuk menggunakan SIM-card yang sama, internet banking ini dapay menggunakan koneksi internet dari provider apa saja. Mengapa demikian? Adapun login hanya membutuhkan username atau user ID dan juga kata sandi (password).

Walaupun begitu, keamanannya  tidak perlu diragukan, hal ini karena transaksi finansial seperti transfer, bayar tagihan, dan sebagainya diperlukan sandi tambahan dari token. Sedangkan, untul transaksi nonfinansial seperti cek saldo, mutasi rekening, dan lain sebagainya tidak perlu.

Keunggulan selanjutnya adalah tarif atau biaya aksesnya lebih murah dibandingkan SMS banking. Dimana bagi sebagian orang, tentu sudah beralih ke jaringan internet dan dipastikan selalu ada. Biaya internet banking sendiri terasa hampir tidak ada. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan laptop sebagai salah satu perangkat untuk melakukan transaksi ini karena lebih jelas terlihat dengan layar yang lebar.

Perlu Anda ketahui bahwa hingga saat ini hampir seluruh transaksi perbankan bisa dilakukan dengan internet banking. Namun, layanan ini sendiri memiliki kelemahan sama halnya dengan SMS banking dan juga mobile banking, dimana kekurangan inetrnet banking adalah tidak dapat mengambil uang atau tarik tunai.

Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan layanan perbankan diatas diharapkan dapat memberi gambaran kepada para nasabah agar lebih cermat dan efisien dalam memilih langkah. Adapun Anda bisa menggunakan semua layanan yang ada dan ada baiknya layanan-layanan tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel