Mengurus Kartu ATM dan Buku Tabungan BCA Hilang Sekaligus

Kehilangan barang merupakan suatu hal yang umum terjadi. Kehilangan itu bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah kecerobohan dari diri sendiri. Lupa menyimpan barang atau tidak teliti dalam menyimpan barang merupakan contoh pemicu dari hilangnya suatu barang. Salah satu contoh barang yang sering hilang adalah kartu ATM.

Jika kartu ATM hilang sangat dianjurkan untuk segera menuju customer service di cabang Bank BCA terdekat. Namun Anda dapat juga menelepon ke Halo BCA. Untuk mengurus kartu ATM BCA yang hilang, Anda harus membawa serta buku tabungan BCA Anda. Namun bagaimana bila kartu ATM serta buku tabungan BCA hilang sekaligus? Simak uraian berikut ini.

Mengurus Kartu ATM BCA yang Hilang
Mengurus Kartu ATM BCA yang Hilang

Langkah untuk Mengurus Kartu ATM BCA yang Hilang

Sebelumnya, mari bahas sedikit mengenai cara mengurus kehilangan hanya kartu ATM saja. Bila kartu ATM BCA Anda hilang, maka Anda harus segera datang ke kantor BCA terdekat. Tidak harus cabang tempat dimana Anda membuka rekening. Jika Anda tidak sempat, atau kehilangan terjadi saat bank sudah tutup, Anda dapat menelepon ke Halo BCA untuk melakukan pemblokiran.

Ketika Anda mengurus kehilangan ATM BCA di kantor cabang BCA, Anda hanya perlu membawa kartu identitas seperti KTP atau passport serta Anda harus membawa buki tabungan BCA Anda. Namun, beberapa kantor cabang ada yang meminta surat keterangan kehilangan dari kantor polisi.

Langkah untuk Mengurus Buku Tabungan BCA yang Hilang

Meskipun hilangnya buku tabungan jarang terjadi, namun kemungkinan buku tabungan hilang pasti ada. Hal ini dapat disebabkan karena pindahan rumah salah satunya. Untuk mengurus buku tabungan yang hilang, Anda perlu mendatangi costumer service dan membawa kartu identitas (KTP dan passport) serta Anda diwajibkan membawa kartu ATM.

Kartu ATM dan Buku Tabungan BCA Hilang Sekaligus

Apabila yang hilang adalah buku tabungan saja atau kartu ATM saja itu merupakan hal yang mudah untuk diurus. Karena buku tabungan atau kartu ATM dapat digunakan untuk syarat mengurus bila salah satunya ada yang hilang.  Cara mengurus kehilangan ke kantor cabang BCA ketika dua-duanya hilang sekaligus dijelaskan pada penjabaran berikut ini.

Sebenarnya jika kartu ATM dan tabungan BCA hilang sekaligus akan sangat mudah untuk diurus apabila Anda mengetahui nomor rekeningnya. Ketika pihak Bank BCA menginput data nomor rekening Anda, mereka akan tahu informasi pada rekening tabungan tersebut. Informasi itu mencakup sisa saldo, atas nama siapa rekening tersebut, apakah rekening masih aktif, dan apabila kartu ATM tertelan BCA akan tahu.

Namun tentu saja proses yang dijalani tidak akan semudah itu. Tidak sembarang Anda menyebutkan nomor rekening, pihak Bank BCA akan langsung melacak data-data rekening tabungan Anda. Tentu saja Anda harus melampirkan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian dan Anda harus menyertakan juga kartu identitas Anda (berupa KTP atau passport).
Kelebihan dan Kekurangan TabunganKu BCA
Ketika Anda menyadari bahwa ATM dan buku tabungan Anda hilang di luar hari dan jam kerja, Anda dapat segera menelepon ke Halo BCA agar kartu ATM Anda segera diblokir untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Namun tetap saja Anda harus segera datang ke customer service kantor cabang BCA manapun. Bila Anda tidak bisa datang, proses pengurusannya dapat diwakilkan.

Segera hubungi pihak Bank BCA jika Anda menyadari bahwa kartu ATM dan buku tabungan Anda hilang. Hal ini dilakukan agar pihak bank dapat segera memblokir rekening Anda. Bila Anda melapor setelah saldo Anda berkurang atau habis, pihak bank akan menganggap ini merupakan kesalahan dari nasabah itu sendiri.

Setelah menghubungi Halo BCA, Anda sebaiknya segera datang ke kantor cabang Bank BCA yang terdekat. Segeralah menemui customer service dengan melaporkan kehilangan serta menyerahkan syarat-syarat yang telah Anda siapkan. Setelah itu customer service akan menanyakan beberapa pertanyaan keamanan dan Anda harus menjawabnya dengan benar.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut antara lain berupa pertanyaan mengenai rekening. Seperti, alamat cabang pembuatan rekening, tahun berapa Anda membuka rekening (perkiraan), nomor kartu ATM (nomor yang tertera pada ATM). Nomor ini merupakan nomor penting, ada baiknya Anda mencatat nomor ini. Perkiraan saldo terakhir dan transaksi terakhir pun akan ditanyakan.

Pertanyaan lainnya berupa alamat tempat tinggal Anda dan siapa nama ibu kandung Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab dengan baik. Setelah semua pertanyaan terjawab, petugas akan memberikan formulir untuk Anda isi disertai materai seharga Rp. 6.000  dan dibubuhi tanda tangan Anda.

Jika Anda tidak bisa datang sendiri ke kantor cabang BCA untuk mengurus kartu ATM dan buku tabungan yang hilang, Anda dapat mengutus perwakilan. Perwakilan ini harus membawa surat kuasa dari pemilik rekening. Meskipun terdengar simpel, namun pembuatan surat kuasa ini cukup menyulitkan dan memakan biaya.

Hal yang menyulitkan dari pembuatan surat kuasa ini adalah, pemilik rekening serta wakil yang ditunjuk harus membuat surat kuasanya di depan notaris. Pembuatan surat kuasa dengan notaris tentu saja memerlukan waktu dan biaya lebih. Sehingga ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk mengurus kehilangan ini sendiri tanpa perwakilan.

Ketika kartu ATM dan buku tabungan hilang, tentu saja Anda harus membuat kartu ATM dan buku tabungan yang baru. Tapi jangan khawatir, Anda masih menggunakan rekening lama Anda hanya kartu ATM dan buku tabungannya sajalah yang baru. Selain itu saldo dalam rekening Anda akan aman dan jumlahnya tidak akan berkurang.

Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk mengurus kehilangan ini tergantung pada kartu ATM apa yang Anda gunakan. Bila Anda menggunakan kartu ATM BCA silver/blue, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000. Untuk kartu ATM BCA gold Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000. Jika Anda pemegang kartu ATM BCA platinum, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000.

Sama dengan biaya pembuatan kartu ATM baru, biaya pembuatan buku tabungan pun bergantung pada jenis kartu ATM yang digunakan. Untuk biaya pembuatan buku tabungan baru harganya berkisar dari Rp. 5.000 hingga Rp. 25.000.

Harga pembuatan buku tabungan dengan kisaran harga Rp. 5.000 – Rp. 25,000 dibebankan untuk pemegang rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres. Bila Anda merupakan pemegang rekening tabungan seperti TabunganKu, Tahapan Xpresi, Simpel, dan lain-lain Anda akan dikenakan biaya lebih murah atau bahkan gratis.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kartu ATM Anda yang baru adalah 1x24 jam. Namun ada juga yang hanya membutuhkan waktu satu jam saja.

Demikian uraian mengenai cara mengurus kartu ATM BCA dan buku tabungan BCA yang hilang sekaligus. Semoga penjelasan tersebut cukup jelas untuk dipahami dan juga dapat menambahkan informasi bagi Anda. Selain itu, semoga informasi tersebut juga dapat meningkatkan kewaspadaan, sikap hati-hati, dan mengurangi keteledoran pada diri Anda.

0 Response to "Mengurus Kartu ATM dan Buku Tabungan BCA Hilang Sekaligus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel