Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Terblokir

Di zaman sekarang tentunya kita tidak dapat hidup bila tidak ada kartu ATM. Memang terdengar berlebihan namun kenyataannya benar seperti itu. Kartu ATM memungkinkan Anda dapat dengan mudah mengambil uang yang telah Anda simpan di bank. Tak perlu Anda pegang uang banyak-banyak selama Anda memegang kartu ATM.

Akan timbul masalah bila tiba-tiba kartu ATM BCA Anda terblokir. Kartu ATM ini dapat terblokir karena Anda salah memasukan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Kartu ATM yang memblokir membuat Anda tidak dapat mengecek saldo, melakukan transfer, dan melakukan penarikan saldo. Kartu ATM BCA yang terblokir tidak dapat Anda atasi di mesin ATM yang bersangkutan.

penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BCA yang terblokir
penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BCA yang terblokir


Penyebab Terblokirnya Kartu ATM BCA

Ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu terblokirnya kartu ATM BCA Anda. Penyebabnya dapat disebabkan oleh kelalaian Anda maupun memang pihak Bank BCA yang memblokirnya atas permintaan Anda sendiri. Kelalaian Anda berupa salah memasukan PIN sebanyak tiga kali ketika akan melakukan transaksi di mesin ATM.

Perkara lupa atau salah memasukan PIN ini ternyata bukan hal yang sepele. Jika Anda salah memasukkan PIN lebih dari tiga kali, kartu ATM BCA Anda otomatis akan langsung terblokir. Terblokirnya kartu ATM BCA Anda ini tentu akan merugikan diri Anda sendiri karena semua transaksi seperti transfer uang, penbayaran melalu ATM, tarik tunai, sampai pengecekkan saldo tidak dapat Anda lakukan.

Penyebab lainnya adalah penyebab yang disengaja oleh pihak Bank BCA. Ketika Anda kehilangan kartu ATM BCA Anda (kartu ATM BCA tertelan mesin ATM atau kartu ATM BCA Anda hilang bersama dompet dan barang lainnya) pihak Bank BCA tentu saja akan langsung memblokir kartu ATM BCA Anda bila Anda telah melaporkannya melalui Halo BCA.
Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin
Pemblokiran ini berfungsi agar saldo Anda yang ada di dalam rekening tetap aman meskipun kartu ATM BCA Anda jatuh ketangan orang lain. Pemblokiran yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak BANK BCA dan merupakan permintaan dari Anda, tidak akan melumpuhkan transaksi yang Anda ingin lakukan melalui internet banking, sms banking, atau mobile banking.

Namun, ketika pemblokiran kartu ATM BCA bersumber dari kesalahan memasukkan PIN. Maka seluruh aktivitas transaksi termasuk transaksi melalui e-banking akan lumpuh. Tetapi Anda jangan khawatir karena saldo di rekening Anda akan aman dan jika ada seseorang mentransferkan dana ke rekening Anda , dananya akan tetap masuk. Rekening Anda akan tetap aktif hanya kartu ATMnya saja yang terblokir.

Cara Mengatasi Kartu ATM BCA yang terblokir

Setelah Anda mengetahui penyebab terblokirnya kartu ATM BCA Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah segeralah melapor pada Halo BCA ketika kartu terblokir bukan pada jam dan hari kerja. Halo BCA dapat Anda hubungi pada nomor 1500888. Selain itu Anda juga dapat langsung mendatangi customer service Bank BCA di kantor cabang terdekat.

Kantor cabang yang Anda datangi tidak mesti kantor cabang dimana Anda membuka rekening tabungan Anda. Kantor cabang bank mana saja dapat Anda datangi untuk mengurus kartu ATM BCA Anda yang terblokir. Sebaiknya cari kantor cabang Bank BCA yang sedikit antriannya agar Anda dapat segera melakukan transaksi melalui kartu ATM BCA Anda kembali.

Saat mendatangi kantor cabang BCA untuk mengurus kartu ATM BCA Anda yang terblokir, Anda harus membawa beberapa syarat-syarat. Syarat-syarat tersebut berupa kartu identitas (KTP, SIM, passport), buku tabungan, dan kartu ATM yang kondisinya sudah terblokir (jika ada).

Untuk mengurus kartu ATM BCA yang terblokir ini, sebaiknya Anda datang sendiri tidak usah diwakilkan. Karena jika diwakilkan akan melalui proses yang lama dan rumit serta memerlukan waktu dan biaya lebih. Jika diwakilkan, Anda harus melibatkan notaris untuk pembuatan surat kuasa. Luangkanlah waktu Anda sebentar untuk mengurus pembebasan pemblokiran kartu ATM BCA ini.

Waktu yang Anda perlukan untuk mengurus pembebasan blokir ini sangatlah singkat. Cukup 15 menit saja setelah Anda melaporkan dan menceritakan kejadiannya pada customer service di kantor cabang Bank BCA. Jika syarat-syarat lengkap, Anda hanya diminta untuk membuat PIN ATM BCA yang baru yang terdiri dari enam digit angka.

Biaya yang dikeluarkan untuk pembebasan pemblokiran kartu ATM BCA ini gratis. Tidak dikenakan biaya sama sekali. Pembebasan biaya ini diberikan bila kartu ATM BCA Anda yang terdahulu masih dapat digunakan. Namun jika kartu ATM BCA Anda yang lama hilang atau rusak, Anda akan dikenakan biaya penggantian kartu oleh Bank BCA.

Selain melakukan pembebasan pemblokiran langsung di kantor cabang, Anda dapat melakukannya melalui petugas Halo BCA. Hal ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang tidak dapat datang langsung ke kantor cabang Bank BCA. Nomor yang dapat dihubungi adalah 1500888. Nomor ini dapat dihubungi melalui nomor telepon rumah atau nomor handphone.

Akan tetapi, cara ini hanya dapat dilakukan bila Anda masih ingat betul enam digit angka untuk PIN BCA Anda. Halo BCA hanya dapat melakukan unblock kartu ATM BCA Anda. Mereset atau mengganti PIN kartu ATM BCA Anda hanya dapat dilakukan di kantor cabang Bank BCA terdekat. Jika Anda memenuhi syarat yang disebutkan di awal. Anda perlu menyiapkan beberapa syarat saat akan menghubungi Halo BCA.

Syarat awal adalah sediakan pulsa yang cukup karena proses ini memakan waktu yang tidak sebentar. Siapkan kartu identitas, kartu ATM BCA yang terblokir, dan buku tabungan Anda. Jika salah satu barang tersebut tidak Anda pegang, Anda cukup menjawab pertanyaan yang diberikan seperti alamat, nama ibu kandung, nomor rekening, dan nomor kartu ATM BCA.

Biaya penggantian kartu ini berbeda-beda untuk tiap pemegang rekening tabungan yang berbeda. Jika Anda pemegang kartu ATM BCA silver, biaya yang dikenakan untuk penggantian kartu sebesar Rp. 10.000. Untuk pemegang kartu ATM BCA gold akan dikenakan biaya Rp. 15.000, sementara untuk pemegang kartu ATM BCA platinum akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000.

Tips Menghindari Terblokirnya Kartu ATM BCA

Kesalahan memasukkan PIN merupakan alasan terbanyak yang menjadi penyebab terblokirnya kartu ATM BCA Anda. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya ketika Anda telah dua kali dinyatakan salah dalam memasukkan PIN, Anda sebaiknya berhenti dan berpikir dengan jernih dan tenang untuk mengingat dengan benar PIN kartu ATM BCA Anda.

Jika Anda tetap lupa, ada baiknya Anda menghentikan transaksi dan mencobanya keesokan hari. Karena jika Anda mencoba di hari berikutnya, dua kali kesalahan memasukkan PIN akan mulai dari awal lagi (tidak dihitung dua kali kesalahan pada hari sebelumnya). Atau dapat juga dikatakan Anda masih memiliki tiga kali kesempatan di hari berikutnya.

Tips lainnya adalah bagi Anda yang pelupa, sebaiknya Anda mencatat PIN kartu ATM BCA Anda di tempat yang aman dan hanya dapat diketahui oleh Anda. Jangan menulis terlalu kentara bahwa yang Anda catat tersebut merupakan PIN kartu ATM BCA Anda. Anda dapat mensiasatinya seolah-olah angka tersebut bukan merupakan PIN kartu ATM BCA Anda.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Terblokir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel