Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin

Kejadian yang menyebalkan namun kerap kali terjadi adalah tertelannya kartu ATM BCA di mesin ATM. Kartu ATM BCA tertelan adalah ketika kita hendak melakukan transaksi seperti mengambil uang di mesin ATM lalu saat selesai kartu Anda tidak bisa keluar dari mesin. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda panik takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin
Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin

Daripada Anda pusing mencari tahu mengapa kartu ATM BCA dapat tertelan oleh mesin ATM, lebih baik Anda sigap dan segera menghubungi pihak Bank BCA untuk mengatasi tertelannya kartu ATM BCA tersebut. Namun, untuk mengetahui penyebab tertelannya kartu dan langkah-langkah mengatasi kartu ATM BCA yang tertelan oleh mesin, cermati penjelasan di bawah ini.

Langkah untuk Mengatasi Kartu ATM BCA yang Tertelan Mesin

Ketika Anda mengetahui bahwa kartu ATM BCA Anda tertelan mesin, langkah pertama yang Anda lakukan adalah jangan panik. Kepanikan akan membuat Anda tidak dapat berpikir dengan jernih. Anda harus tenang demi menjaga agar saldo di dalam ATM Anda tetap utuh dan akan kembali pada Anda ketika Anda membuat kartu yang baru.

Selanjutnya, saat kartu ATM BCA Anda tertelan, janganlah Anda menerima bantuan dari siapapun. Terutama ketika orang tersebut menanyakan PIN Anda walaupun tujuannya ingin membantu Anda. Pastikan nomor telepon Halo BCA yang Anda telepon benar, jangan sampai Anda dikecoh penjahat untuk menelpon nomor Halo BCA palsu. Nomor Halo BCA yang benar adalah 1500888.

Perlu Anda ingat, untuk lebih meningkatkan kewaspadaan pada diri Anda ketika kartu ATM BCA Anda tertelan oleh mesin ATM, bahwa baik petugas bank BCA atau petugas Halo BCA tidak akan menanyakan PIN Anda. Jangan pernah memberikan PIN Anda pada siapapun.
Kartu ATM BRI Terblokir: Penyebab, Cara, dan Syarat Mengatasi Terbaru
Anda harus segera menghubungi Halo BCA untuk mengamankan saldo pada ATM Anda, karena sekalipun setelah tertelan kartu ATM BCA Anda jatuh ke tangan orang lain, saldo Anda akan tetap aman. Hal tersebut disebabkan karena Bank BCA akan segera memblokir kartu Anda ketika Anda telah menelpon Halo BCA. Sehingga saldo Anda tidak dapat ditarik di ATM manapun.

Setelah menelpon Halo BCA untuk memblokir kartu ATM yang tertelan, Anda sebaiknya segera datang ke kantor cabang BCA yang terdekat. Hal ini bertujuan supaya Anda dapat segera mendapatkan kartu ATM BCA yang baru dan Anda dapat melakukan transaksi melalui ATM kembali. Selama ATM Anda diblokir, Anda hanya dapat melakukan transaksi melalui internet, mobile, dan sms banking.

Bila ATM BCA Anda tertelan di mesin ATM yang dekat dengan kantor cabang, uruslah di kantor cabang tersebut. Karena ada kemungkinan kartu ATM BCA Anda yang lama bisa kembali sehingga Anda tidak perlu mengganti kartu ATM Anda. Namun jika di sekitar mesin ATM yang menelan kartu ATM BCA Anda tidak ada kantor cabang, maka ada kemungkinan Anda harus mengganti kartu ATM dengan yang baru.

Biaya penggantian kartu ATM BCA berbeda-beda. Tergantung jenis kartu ATM BCA apa yang sebelumnya Anda gunakan. Untuk kartu ATM BCA berjenis silver/blue dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000, kartu ATM BCA berwarna gold dikenakan biaya Rp. 15.000, sementara untuk kartu ATM BCA berjenis platinum akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000

Jika kartu ATM BCA Anda tertelan di mesin ATM yang bukan mesin ATM BCA (mesin ATM Bersama), untuk syarat penggantian kartu ATM baru, Anda harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Untuk melakukan pengurusan kartu ATM tertelan, tidak dapat diwakilkan oleh siapapun. Setelah mengurus ke kantor cabang Bank BCA, nomor rekening Anda dan buku tabungan tetap sama.

Syarat Mengurus ATM Tertelan ke Bank BCA

Syarat-syarat yang harus Anda bawa ketika Anda mengurus kartu ATM BCA yang tertelan oleh mesin ATM adalah kartu identitas berupa KTP, SIM, atau passport. Kemudian Anda harus membawa buku tabungan serta mempersiapkan materai seharga Rp. 6.000. Perlu diingat bahwa untuk mengurus ini tidak perlu pergi ke cabang bank tempat membuat rekening awal, namun dapat di kantor cabang mana saja.

Penyebab Tertelannya Kartu ATM BCA

Pernahkah Anda merasa penasaran akan penyebab kartu ATM BCA Anda dapat tertelan oleh mesin ATM? Jika iya, sebenarnya terdapat beberapa alasan mengapa kartu ATM BCA dapat tertelan oleh mesin ATM. Penjabaran mengenai alasan tersebut dijelaskan di bawah ini.

1. Mesin error

Sebuah benda yang dijalankan oleh mesin tentu saja akan mengalami sebuah error. Error ini lazim terjadi pada mesin seperti mesin ATM. Penyebab error ini salah satunya adalah karena mesin ini digunakan oleh sekian banyak nasabah. Sehingga pihak bank tentu saja tidak dapat mengontrol penggunaan mesin yang baik dan tertib oleh tiap nasabah.

Namun tak selamanya mesin ATM yang error dapat menelan kartu ATM BCA. Kartu ATM dapat pula dimuntahkan kembali oleh mesin tersebut sehingga kartu ATM BCA Anda aman dan tidak tertelan. Sebaiknya sebelum Anda menggunakan mesin ATM, Anda harus mengecek terlebih dahulu mesin tersebut. Apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

2. Listrik mati

ATM atau automatic teller machine dimana selayaknya sebuah mesin akan membutuhkan aliran listrik. Aliran listrik ini suatu saat akan mati bila sedang terjadi pemadaman listrik. Ketika Anda menggunakan mesin ATM dan belum sempat bertransaksi bahkan belum sempat mengeluarkan kartu ATM lalu mati listrik, maka tentu saja kartu ATM BCA Anda akan tertelan.

Jika mati listrik terjadi sebentar saja, ketika listrik kembali hidup dan mesin ATM kembali menyala, mesin tersebut akan melakukan reboot dan melanjutkan transaksi. Namun, jika mesin ATM mati dalam waktu yang lama, segeralah lapor ke Halo BCA karena tidak mungkin Anda menunggu berjam-jam hingga mesin ATM hidup kembali.

3. Dipasangi mesin modus penipu

Penipuan marak terjadi dimana-mana, bahkan hingga mesin ATM pun menjadi alat untuk melakukan penipuan. Modus penipuan pada mesin ATM adalah dengan memasangkan alat pada tempat memasukan kartu yang kemudian menyebabkan mesin ATM seolah-olah menelan kartu ATM BCA Anda. Kemudian penipu akan melakukan modusnya.

Penipu akan mendatangi Anda dan berpura-pura untuk menolong Anda. Bagi Anda yang panik tentu Anda tidak dapat berpikir jernih. Ketika penipu menanyakan PIN, Anda biasanya akan memberikannya berharap penipu tersebut bisa menolong Anda mengeluarkan kartu ATM yang tertelan. Padahal setelah itu mereka akan menguras habis saldo pada rekening Anda.

Modus lainnya adalah penipu akan berpura-pura menawarkan bantuan dengan memberikan nomor Halo BCA yang palsu. Nomor palsu tersebut akan terhubung ke komplotan sang penipu hingga pada akhirnya penipu yang berpura-pura menjadi petugas Halo BCA tersebut akan menanyakan PIN Anda. Anda yang sudah terpengaruh tentu saja akan memberikan PIN Anda lalu saldo Anda akan dikuras habis oleh mereka.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel