Perbedaan Antara Tabungan BRI Britama dan Simpedes

Jika Anda merupakan nasabah baru yang ingin membuka tabungan di Bank BRI, tentu Anda kebingungan manakah yang harus dipilih. BRI Simpedes dan BRI BritAma merupakan dua jenis pilihan tabungan yang akan dipilih oleh nasabah yang akan membuka tabungan baru. 

Simpedes memiliki kepanjangan Simpanan Pedesaan sementara BritAma yang awalnya bernama Simaskot memiliki kepanjangan Simpanan Masyarakat Perkotaan. 

Perbedaan Simpedes dan BritAma
Perbedaan Simpedes dan BritAma

Perbedaan Simpedes dan BritAma

Berikut adalah perbedaan Simpedes dan BritAma.

1. Setoran awal

Saat Anda ingin membuka tabungan baru, salah satu yang perlu disiapkan adalah setoran awal. Setoran awal untuk setiap tabungan pada tiap bank berbeda. Pada bank yang sama, dengan jenis tabungan yang berbeda, setoran awalnya pun tentunya berbeda pula. Setoran awal ini akan masuk ke ATM dan dapat diambil pada 24 jam berikutnya.
Tabungan Simpedes memberlakukan setoran awal lebih murah dibandingkan dengan BritAma. Setoran awal untuk membuka tabungan Simpedes sebesar Rp. 100.000 sementara untuk BritAma dibagi menjadi dua jenis kartu yaitu ATM Classic dan ATM Gold. ATM Classic memberlakukan setoran awal sebesar Rp. 250.000. ATM Gold memberlakukan setoran awal sebesar Rp. 10.000.000.

2. Bunga dan program undian

Pemegang tabungan yang berbeda tentu saja akan mendapatkan bunga yang berbeda pula. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini

Saldo
Jenis Tabungan
Bunga Simpedes
Bunga BriAma
Rp. 0 s/d < Rp. 500.000
0%
0%
Rp. 500.000 s/d Rp. 5.000.000
1%
1%
> Rp. 5.000.000 s/d Rp. 50.000.000
1%
1%
> Rp. 50.000.000 s/d Rp. 100.000.000
1,25%
1,25%
> Rp. 100.000.000
1,75%
1,50%

Nasabah pemegang tabungan BritAma memiliki keuntungan yaitu berupa program undian. BRI selalu mengadakan program undian hadiah pada jangka waktu tertentu. Program undian ini biasanya ditayangkan di televisi. Pemilik rekening BritAma memiliki kesempatan memenangkan undian karena diikutkan pada program undian, sementara pemegang rekening Simpedes tidak.

3. Asuransi kecelakaan diri

Nasabah rekening BritAma perlu mengeluarkan saldo awal yang lebih besar daripada saldo awal Simpedes. Oleh karena itu, beberapa keuntungan akan didapatkan oleh pemegang rekening tabungan BritAma. Salah satunya adalah asuransi kecelakaan diri. Pemegang rekening BritAma akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri bila memberikan saldo awal minimal Rp. 500.000.

Asuransi kecelakaan diri yang didapatkan oleh pemegang rekening BritAma cukup besar. Besarnya asuransi tersebut ialah 250% dari jumlah saldo yang ada di rekening. Bayangkan, bila saldo Anda Rp. 500.000 maka Anda akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar Rp. 125.000.000 atau maksimal Rp.150.000.000.

4. Biaya administrasi bulanan

Biaya administrasi adalah biaya yang dibebankan kepada nasabah setiap bulannya. Biaya ini akan dipotong langsung dari saldo rekening nasabah. Pemegang rekening Simpedes akan mendapatkan potongan sebesar Rp. 5.500 setiap bulannya. Sementara untuk nasabah pemegang rekening BritAma akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 12.000 setiap bulannya.

5. Denda di bawah saldo minimum

Jika saldo pada rekening Anda di bawah saldo minimum, Anda akan dikenakan denda. Denda untuk tiap pemegang rekening tabungan yang berbeda tentunya akan berbeda pula. Denda yang diterima oleh pemegang rekening Simpedes bila saldo yang dimiliki di bawah minimum adalah Rp. 5.000. Untuk nasabah pemegang rekening BritAma denda di bawah saldo minimumnya sebesar Rp. 10.000

6. Fasilitas transaksi

Kelengkapan fasilitas yang diterima oleh nasabah pemegang rekening Simpedes dan BritAma berbeda. BritAma memiliki fasilitas yang lebih lengkap daripada pemegang rekening tabungan Simpedes. Fasilitas yang didapatkan oleh pemegang rekening BritAma adalah ATM, CDM, mini ATM, SMS banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS notifikasi, dan lain-lain. Sementara Simpedes hanya disediakan fasilitas tabungan saja.

7. Nasabah

Peruntukan nasabah pada setiap tabungan dapat bersifat perorangan dapat juga bersifat kolektif. Sebaiknya ketika Anda membuka rekening tabungan disesuaikan dengan kebutuhannya. Tabungan Simpedes dapat dibuka oleh perorangan dan bisa juga dibuka oleh lembaga atau perusahaan. Sementara tabungan BritAma hanya dapat dibuka oleh nasabah perorangan.

8. Biaya kartu bulanan

Setiap bulannya setiap pemegang kartu akan dikenakan biaya. Untuk setiap jenis rekening, biaya yang dikenakan akan berbeda. Untuk kartu ATM BritAma Classic dibebankan biaya sebesar Rp. 1.000 per bulannya sementara untuk ATM BritAma Gold dikenakan biaya Rp. 4.500 setiap bulannya. Untuk pemegang kartu rekening Simpedes, tidak dikenakan biaya.

9. Nilai transaksi maksimum antar cabang

BRI Simpedes memiliki nilai transaksi maksimum antar cabang yang lebih sedikit dari pemegang rekening tabungan BRI BritAma. Nilai transaksi maksimum untuk Simpedes adalah Rp. 200.000. Untuk nasabah pemegang rekening BritAma dapat melakukan transaksi maksimum antar cabang maksimal sebesar Rp. 300.000.

10. Biaya tutup rekening

Ketika Anda ingin menutup rekening suatu tabungan, tentunya akan dikenakan biaya untuk penutupan tabungan. Biaya yang dikeluarkan untuk menutup rekening tabungan Simpedes dan BritAma tentunya berbeda. Biaya tutup rekening tabungan Simpedes sebesar Rp. 25.000. Penutupan rekening BritAma akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000

11. Kegunaan kartu ATM

Biaya admin, saldo awal, serta biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pemegang rekening tabungan BritAma lebih besar daripada Simpedes. Hal tersebut menyebabkan BritAma memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah ATM BritAma memiliki Link Master Card sehingga dapat 
digunakan di berbagai jenis ATM yang memiliki logo Master Card.

12. Biaya penggantian buku tabungan

Ketika Anda akan mengganti buku tabungan, akan dikenakan biaya penggantian. Terdapat perbedaan biaya penggantian untuk rekening tabungan yang berbeda. Simpedes menerapkan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk penggantian buku tabungan. Biaya penggantian buku tabungan untuk pemegang rekening BritAma sebesar Rp. 25.000.

13. Limit transfer antar bank

Biaya transfer antar bank dikenakan biaya sebesar Rp.10.000. sementara limit transfer antar bank berbeda untuk setiap rekening. Limit untuk BritAma Classic sebesar Rp. 20.000.000. BritAma Gold memiliki limit sebesar Rp. 50.000.000. Rekening tabungan Simpedes memiliki limit transfer antar bank sebesar Rp. 20.000.000.

14. Limit tarik tunai perhari

Batas penarikan tunai perhari akan berbeda pada tiap rekening tabungan. Limit tarik tunai perhari untuk BritAma Classic sebesar Rp. 5.000.000. BritAma Gold memiliki limit penarikan rekening tabungan sebesar Rp. 10.000.000. Sementara, limit tarik tunai perhari untuk pemegang rekening tabungan Simpedes sebesar Rp. 5.000.000.

15. Limit transfer antar rekening BRI

Transfer uang antar rekening BRI yang dilakukan di mesin ATM memiliki limitnya tersendiri tergantung dari jenis rekening tabungan yang dipakai. Pemegang rekening tabungan BRI BritAma Classic limit transfernya sebesar Rp. 20.000.000. 

Untuk pemegang rekening tabungan BRI BritAma Gold memiliki limit transfer antar rekening BRI sebesar Rp. 50.000.000. Sementara limit transfer antar rekening BRI untuk nasabah pemegang rekening tabungan Simpedes sebesar Rp. 20.000.000.

Dari berbagai jenis rekening tabungan yang ada di Bank BRI, Simpedes dan BritAma merupakan dua jenis rekening tabungan yang paling banyak dipilih oleh nasabah. Kedua rekening tabunagn ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

Silahkan Anda pilih rekening tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

0 Response to "Perbedaan Antara Tabungan BRI Britama dan Simpedes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel