Perbedaan Jenis Kartu ATM BRI Private Label, Classic, Gold, & Premium

Ketika Anda membuat atau membuka rekening di Bank BRI, Anda dapat memilih satu dari sepuluh jenis tabungan yang tersedia di bank tersebut. Masing-masing tabungan tersebut menentukan jenis kartu ATM yang akan didapat. Jenis kartu ATM BRI yang bisa dipilih adalah BRI Private Label, Classic, Gold, dan Premium.

Jenis Kartu ATM BRI
Jenis Kartu ATM BRI

Jenis-jenis kartu ATM tentu akan memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut adalah terdapat pada biaya administrasi, limit tarik tunai, limit transfer, limit transaksi, sisa saldo minimal, dan lain-lain. Jadi perbedaannya tidak hanya terdapat pada warna kartunya saja. Berikut perbedaan kartu ATM tersebut.

BRI Private Label

Kartu ini merupakan kartu yang diberikan kepada nasabah pemegang rekening simpedes. Kartu ATM ini tidak memiliki logo mastercard dan juga logo cirrus. Sehingga kartu ATM ini tidak dapat digunakan untuk transaksi di luar negeri. Kartu ini juga tidak dapat digunakan di mesin EDC selain mesin EDC BRI. Kartu ini memiliki warna yaitu warna biru.

Diantara keempat jenis kartu ATM yang dimiliki BRI, kartu ATM BRI private label merupakan kartu yang memiliki nilai maksimum transaksi yang paling sedikit. Transaksi tersebut berupa penarikan tunai, berbelanja di merchant, transfer antar rekening BRI, transfer antar bank, dan minimum saldo yang ada pada rekening tersebut.

Biaya maksimum tarik tunai untuk jenis ATM ini adalah senilai Rp. 5.000.000 per hari. Untuk maksimum belanja di merchant dengan menggunakan signature maksimal Rp. 2.000.000 dan untuk menggunakan PIN sebesar Rp. 10.000.000. Maksimum transfer antar rekening BRI maksimal Rp. 20.000.000 per hari. Transfer antar bank maksimal Rp. 10.000.000 per hari. Saldo minimum yang ada dalam rekening Rp. 50.000.
Perbedaan Rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi
Untuk akumulasi transaksi berupa transfer bila Anda menggunakan mobile banking limitnya sebesar Rp. 1.000.000 sementara untuk internet banking limitnya sebesar Rp. 1.000.000.000.

Jika Anda memiliki rekening atau kartu ATM di bank, tentu saja tiap bulannya Anda akan dikenakan biaya administrasi. Untuk pemegang kartu ATM ini akan dikenakan biaya administrasi tiap bulannya sebesar Rp. 5.500.

BRI Classic

Kartu ini dipegang oleh nasabah pemegang atau pemilik rekening BRI BritAma. Setoran awal untuk memiliki rekening ini adalah Rp. 250.000. Kartu ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan kartu ATM private label. Kelebihan-kelebihan tersebut terutama terdapat pada logo-logo yang terdapat pada kartu ATM.

Logo yang terdapat pada kartu ATM BRI classic tidak hanya satu, melainkan ada beberapa logo. Logo-logo tersebut adalah logo mastercard, logo maestro, cirrus, link, ATM bersama, dan prima. Logo-logo yang terdapat pada ATM tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi di luar negeri serta menggunakan EDC selain EDC BRI, dan juga dapat digunakan di ATM bank lain.

Limit transaksi yang didapat bagi pengguna ATM BRI classic sama dengan limit transaksi yang didapat oleh pemegang kartu ATM BRI private label. Namun, untuk BRI classic memiliki limit senilai Rp. 50.000.000 per hari. Kartu ATM BRI private label berwarna biru. Biaya bulanan untuk kartu ini adalah Rp. 2.200. Bila kartu ini rusak atau hilang, biaya penggantiannya sebesar Rp. 25.000.

Bagi Anda yang menggunakan mobile banking dan internet banking, terdapat pula akumulasi limit transaksi perharinya. Untuk mobile banking limit transaksinya sebesar Rp. 1.000.000 sementara untuk internet banking limitnya sebesar Rp. 1.000.000.000.

BRI Gold

Jika Anda merupakan nasabah yang membuka rekening BRI BritAma namun Anda menyetorkan saldo awal sebesar Rp. 500.000, Anda akan mendapatkan kartu ATM berjenis BRI Gold. Sebenarnya Anda dapat memilih ingin kartu ATM jenis classic atau berjenis Gold. Kartu ini berwarna seperti namanya yaitu warna kekuning-kuningan atau gold.

Kartu ATM ini pada dasarnya hampir sama dengan kartu ATM BRI Classic. Pada kartu ATMnya terdapat logo-logo seperti kartu ATM Bri classic yang mempermudah transaksi di luar negeri serta dapat bebas menggunakan kartu ini pada ATM apa saja dan pada mesin EDC apa saja selama logonya cocok. Kartu ATM ini memiliki biaya bulanan kartu sebesar Rp. 6.500.

Perbedaan kartu ATM BRI gold dibandingkan dengan kartu ATM BRI classic adalah terdapat pada limit transaksinya. Transaksi tersebut berupa tarik tunai, belanja di merchant, transfer antar rekening BRI, transfer antar bank, dan saldo minimum yang ada pada ATM. Jika rusak, biaya penggantian kartu ini adalah sebesar Rp. 25.000.

Limit tarik tunai perharinya sebesar Rp. 10.000.000. Saat berbelanja di merchant limit transaksinya adalah Rp. 20.000.000 bila menggunakan PIN dan Rp. 5.000.000 bila menggunakan tanda tangan. Nominal maksimum transfer antar rekening BRI adalah Rp. 100.000.000 perhari. Untuk limit transfer antar bank sebesar Rp. 15.000.000 perhari. Sementara minimum saldo tertahan adalah Rp. 50.000.

Terdapat limit akumulasi bagi Anda yang menggunakan mobile dan internet banking untuk transaksi antar bank BRI. Limit yang didapat untuk pengguna mobile banking adalah Rp. 1.000.000, sementara untuk pengguna internet banking sebesar Rp. 1.000.000.000.

BRI Premium

Jika dibandingkan dengan jenis kartu ATM BRI yang lain, kartu ATM BRI premium merupakan kartu dengan limit paling besar. Selain memiliki limit yang tinggi, kartu ini juga memiliki logo-logo seperti yang dimiliki oleh kartu ATM BRI classic dan gold. Sehingga memungkinkan kartu ini dapat digunakan di luar negeri, transaksi di semua ATM, dan pada semua mesin EDC yang memiliki logo yang tertera pada kartu.

Kartu ini berwarna biru gelap dengan detail limit sebagai berikut. Limit tarik tunai maksimum sebesar Rp. 10.000.000, maksimum transaksi ketika berbelanja di merchant sebesar Rp. 50.000.000, limit transfer antar rekening sebesar Rp. 100.000.000 dan limit transfer ke bank lain sebesar Rp. 25.000.000. Saldo minimum yang ditahan adalah Rp. 50.000.

Pemegang kartu ATM ini adalah nasabah yang membuka rekening BritAma bisnis. Saldo awal atau setoran awal untuk membuat rekening jenis ini adalah Rp. 10.000.000. Tingginya saldo minimal tersebut membuat hanya segelintir orang yang memiliki kartu ATM jenis BRI premium. Jika Anda memiliki saldo di atas Rp. 5.000.000, maka Anda akan dibebaskan biaya administrasi.

Pemilik kartu ATM BRI Premium atau BRI BritAma bisnis akan mendapatkan keuntungan lain. Karena saldo dan transaksi yang besar dan diperuntukkan untuk kegiatan berbisnis, maka pemegang kartu ATM ini akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri secara cuma-cuma atau bisa dibilang gratis.

Limit transaksi antar bank BRI jika menggunakan mobile banking adalah sebesar Rp. 50.000.000 sementara jika menggunakan internet banking adalah sebesar Rp. 5.000.000.000.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan dari masing-masing jenis kartu ATM BRI private label, BRI classic, BRI gold, dan BRI premium. Semoga pemaparan tersebut dapat memberikan informasi dan bermanfaat untuk Anda yang kebingungan memilih jenis kartu ATM yang akan Anda gunakan. Pemilihan kartu ATM sebaiknya disesuaikan dengan keadaan keuangan serta kebutuhan Anda.

0 Response to "Perbedaan Jenis Kartu ATM BRI Private Label, Classic, Gold, & Premium"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel