Perbedaan Kartu ATM, Kartu Debit, dan Kartu Kredit

Pada saat pertama kali membuka rekening bank, tentunya Anda sering ditawarkan untuk pembuatan kartu ATM, debit hingga kredit. Apakah sudah mengetahui pengertian dari ketiga kartu tersebut? Jika Anda belum mengetahuinya, berikut penjelasan singkat mengenai 3 kartu tersebut. 

Jenis-jenis Kartu yang Ditawarkan oleh Bank

1. Kartu ATM

Jenis kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank agar nasabah dapat melakukan pengambilan ataupun setor uang tunai di ATM. Bisa juga melakukan transaksi lain seperti transfer, pembelian pulsa dan lain sebagainya.

2. Kartu Debit

Jenis kartu yang sebenarnya hampir sama dengan kartu ATM. Kartu Debit difungsikan untuk menggantikan pembayaran tunai dengan cara memotong saldo dari tabungan Anda.

3. Kartu Kredit

Jenis kartu yang digunakan untuk transaksi pembelanjaan dengan cara meminjam dana dari bank dan tentunya Anda harus melunasinya pada hari-hari setelahnya.

Setelah mengetahui secara singkat pengertian dari kartu ATM, debit dan kredit, selanjutnya adalah perbedaan antara ketiganya. Apa sajakah perbedaannya?

Jenis-jenis kartu yang ditawarkan oleh bank
Jenis-jenis kartu yang ditawarkan oleh bank

Sumber Dana Uang

Perbedaan pertama bisa dilihat dari sumber dana uang yang digunakan dalam bertransaksi. Pada kartu ATM dan debit sama-sama menggunakan sumber dana dari rekening pribadi. Namun penggunaan pada kartu debit dibatasi sesuai dengan jumlah saldo yang terdapat pada rekening pribadi. Berbeda dengan keduanya, kartu kredit sumber dana uangnya berasal dari hutang.

Bunga Pinjaman

Berbicara soal bunga pinjaman, baik kartu ATM dan debit sama-sama tidak ada bunga pinjaman. Ini disebabkan keduanya menggunakan saldo dari tabungan yang ada. Namun, penggunaan kartu kredit memiliki bunga pinjaman tersendiri. Persentase bunganya akan semakin naik jika tidak dilunasi dalam jangka waktu tertentu.

Limit Transaksi

Kartu kredit memiliki batasan transaksi dalam sehari atau sebulannya. Jika penggunaannya sudah mencapai limitnya, maka kartu kredit tidak bisa digunakan. Untuk kartu debit sendiri limit transaksinya bergantung pada saldo tabungan. Apabila saldonya masih mencukupi, maka kartu masih bisa digunakan untuk transaksi.

Sedangkan untuk limit transaksi ATM sendiri juga memiliki limit harian. Masing-masing bank memiliki ketentuannya masing-masing terkait limit transaksi menggunakan kartu ATM.

Promo Kartu

Dari sudut pandang promo penggunaan kartu, kartu kredit menempati posisi pertama. Ini dikarenakan banyak retail ataupun belanja online yang seringkali memberikan promo khusus untuk pembayaran melalui kartu kredit. Promo yang ditawarkan juga seringkali tidak tanggung-tanggung dan lebih menarik dari kartu debit.
Kartu ATM sendiri hampir tidak pernah. Disisi lain, kartu debit juga terdapat promo khusus, hanya saja tidak terlalu sering dan tidak sebanyak penggunaan kartu kredit.

Biaya Tarik Tunai

Jika Anda ingin tarik tunai menggunakan kartu debit ataupun ATM, maka tidak ada biaya admin, artinya adalah gratis. Berbeda dengan penarikan tunai pada kartu kredit yang memiliki biaya admin. Bahkan biaya admin untuk tarik tunai kartu kredit bisa dibilang cukup tinggi untuk beberapa orang.

Iuran Rutin

Baik kartu debit maupun ATM sama-sama tidak memiliki iuran rutin yang harus dibayarkan per bulan ataupun per tahunnya. Ini dikarenakan keduanya mengambil sumber dana dari rekening pribadi. Berbeda dengan kartu kredit yang memiliki tanggungan untuk membayar iuran tahunan, bea pembayaran dan lain sebagainya.

Keamanan

Keamanan yang dimaksudkan disini adalah keamanan dari segi penyalahgunaan kartu jika hilang ataupun dicuri. Baik kartu ATM maupun debit sama-sama memiliki tingkat penyalahgunaan yang lebih tinggi dibandingkan kartu kredit. Jika kedua kartu tersebut sampai hilang ataupun berpindah tangan, maka sebaiknya segera menelepon call center terkait untuk melakukan pemblokiran kartu.

Mengapa demikian? Karena bisa saja orang tersebut memalsukan tanda tangan Anda atau bahkan bisa mengetahui PIN kartu. Sehingga kedua kartu tersebut bisa disalahgunakan, bahkan saldo yang Anda miliki bisa langsung habis.

Sedangkan pada kartu kredit sendiri memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan keduanya. Jika terdapat penyalahgunaan pada kartu kredit, Anda bisa melaporkannya ke pihak penerbit kartu kredit tersebut.

Sekarang sudah paham bukan terkait perbedaan 3 kartu di atas? Masing-masing kartu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pada akhirnya kembali pada kebutuhan masing-masing. Gunakanlah dengan bijak dan jangan lupa untuk mengontrol keuangan agar tidak boros.

0 Response to "Perbedaan Kartu ATM, Kartu Debit, dan Kartu Kredit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel