Perbedaan Rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, tentunya BCA memiliki banyak sekali produk tabungan yang begitu direkomendasikan untuk anda. Dari mulai tabungan yang bersifat perorangan hingga perusahaan bisa anda miliki dengan mudah. BCA senantiasa memberikan berebagai kemudahan bagi anda para nasabahnya untuk menikmati layanan perbankan dan finansial yang mereka sediakan.

perbedaan rekening xpresi dan tahapan BCA
perbedaan rekening xpresi dan tahapan BCA

Dari sekian banyak produk tabungan yang disediakan oleh BCA, salah satu yang paling kami rekomendasikan adalah Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi. Kedua produk tabungan ini merupakan yang terbaik dan bisa dibilang lebih populer jika dibandingkan dengan produk BCA lainnya. Tahukah anda, ada beberapa perbedaan utama dari kedua produk tabungan BCA ini. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini.

Syarat pembuatan yang harus dipenuhi nasabah

Perbedaan pertama yang ada pada kedua produk ini terletak pada syarat pembuatan yang harus dipenuhi calon nasabah. Tahapan BCA mengharuskan seorang calon nasabah berusia minimal 17 tahun atau sudah memiliki E-KTP. Selain itu, biasanya pihak bank juga mewajibkan calon nasabah untuk melampirkan NPWP pada saat proses pembukaan rekening.

Hal ini tentunya berbeda dengan tahapan Xpresi yang bisa dimiliki oleh semua usia. Ada tiga kategori usia dalam pembuatan tahapan Xpresi yakni usia 0 hingga 12 tahun, usia 12 hingga 17 tahun dan usia dewasa. Bagi mereka yang belum memiliki E-KTP bisa melampirkan akta kelahiran, kartu pelajar, atau kartu keluarga yang suda dilegalisir.

Cara dan proses pembuatan / pembukaan rekening awal

Sebenarnya jika dilihat secara umum proses pembuatan kedua rekening ini sama. Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang BCA terdekat di kota anda dan mengikuti proses yang akan dibimbing oleh customer service. Hanya saja bagi mereka yang hendak membuat tabungan tahapan Xpresi, mereka wajib didamping oleh orang tua atau wali yang akan menjadi penjamin.

Sedangkan bagi mereka yang berusia 12 hingga 17 tahun, orang tua atau wali tidak wajib datang dan bisa digantikan dengan surat keterangan persetujuan yang sudah ditandatangani dan diberi materai. Tapi selain itu, semuanya sama saja dan tidak ada perbedaan sama sekali.
Cara Mengaktifkan SMS Banking BRI Terblokir Akibat Lupa dan Salah PIN Terbaru
Nominal setoran awal yang harus dibayarkan oleh nasabah pada saat pembukaan rekening
Perbedaan selanjutnya terletak pada nominal setoran awal yang harus dibayarkan. Mereka yang berencana untuk membuat tabungan tahapan BCA harus menyediakan setoran awal sebesar 500 ribu rupiah. Ini bersifat wajib dan mutlak. Akan tetapi nominal ini bisa anda ambil kembali setelah proses pembukaan rekening selesai dilakukan.

Sedangkan bagi mereka yang berencana untuk membuat Tahapan Xpresi, nomianl setoran awal yang harus dibayarkan sangat terjangkau yakni hanya Rp 50.000, saja. Ini jumlah minimum yang bisa dibayarkan dan tidak bersifat mutlak. Untuk nominal maksimum yang bisa dibayarkan tentunya terserah anda.

Fasilitas buku tabungan yang diberikan kepada nasabah

Perbedaan lain yang dimiliki oleh kedua jenis tabungan BCA ini terletak pada fasilitas buku tabungan. Bagi anda yang membuka rekening Tahapan BCA,  anda akan diberikan buku tabungan yang berisikan berbagai menu yang bisa diprint seperti saldo, debet, kredit, mutasi, dan berbagai informasi penting lainnya sebagai dokumentasi anda pribadi.

Sedangkan bagi anda yang memiliki tahapan Xpresi, tidak ada fasilitas buku tabungan yang akan diberikan. Pengecekan saldo dan mutasi hanya bisa dilakukan melalui ATM, SMS Banking, ataupun M-Banking.

Perbedaan Kartu ATM yang disediakan untuk nasabah

Jika anda memiliki rekening tahapan BCA, anda bisa menyesuaikan kartu ATM yang anda miliki dalam berbagai kelas seperti misalnya silver, gold, dan platinum. Sedangkan untuk ATM tahapan Xpresi, anda hanya bisa memiliki kartu sekelas gold. Tapi didalamnya ada banyak desain kartu yang pasti menarik minat anda untuk memilikinya.

Biaya administrasi bulanan yang dibebankan

Perbedaan selanjutnya yang dimiliki oleh tabungan tahapan BCA dan tahapan Xpresi ini terletak pada biaya administrasi bulanan yang dibebankan kepada setiap nasabah. Untuk tahapan BCA, mereka yang memegang kartu silver akan dibebani biaya administrasi bulanan sebesar Rp. 15.000 dan untuk kartu Gold akan dibebani sebesar Rp. 17.000,-.

Sedangkan jika anda menggunakan kartu tahapan Xpresi, biaya bulanan yang akan dibebankan kepada anda hanya sebesar 5 ribu rupiah saja setiap bulannya. Tak heran jika kemudian tabungan tahapan Xpresi ini seringkali digunakan sebagai rekening penerima uang saja. Hal ini tentunya dipicu oleh rendahnya biaya administrasi yang dibebankan.

Perbedaan lainnya juga terletk pada limit minimum yang bisa anda sisakan ada rekening. Anda yang memiliki kartu tahapan BCA, limit minimum yang harus ada pada rekening anda adalah 50 ribu rupiah. Lumayan juga bukan?

Hal ini jauh berbeda dengan tabungan tahapan Xpresi yang hanya membebankan ada sebesar Rp. 10.000,- saja di rekening BCA pribadi anda. Tentunya ini merupakan sebuah keuntungan besar bagi anda karena bisa meminimalisir pengeluaran.

Untuk selengkapnya mengenai perbedaan dari tabungan Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi bisa anda lihat pada tabel di bawah ini.

Perbedaan
Tahapan BCA
Tahapan Xpresi
Usia
17 tahun ke atas
Semua usia dengan pembagian golongan sbb :
1.       Golongan usia 0-12 tahun.
2.       Golongan Usia 12-17 tahun.
3.       Golongan Usia 17+

Persyaratan
1.       KTP
2.       NPWP
1.       Akte Kelahiran / Kartu Pelajar / KK
2.       Surat Keterangan Ijin Orang Tua / Wali
Setoran awal
Minimal Rp. 500.000,-
Minimal Rp. 50.000,-
Setoran kedua dst
Minimal Rp. 50.000,-
Maksimal tidak terhingga
Minimal Rp. 50.000,-
Maksimal tidak terhingga
Cara Pembuatan
Pribadi
1.       Golongan usia 0-12 tahun ditemani orang tua / wali
2.       Golongan Usia 12-17 tahun ditemani orang tua / wali dan atau membawa surat keterangan   ijin bermaterai.
3.       Golongan Usia 17+ pribadi
Buku tabungan
Ada
Tidak ada
Kartu ATM
1.       Silver
2.       Gold
3.       Platinum
Setara Silver
Limit Saldo
Rp. 50.000,-
Rp. 10.000,-
Limit Transfer
Hingga Rp. 100 juta
Setara kartu silver
Limit Penarikan
Rp. 10 juta
Rp. 10 Juta
Fitur
1.       SMS Banking
2.       M-Banking
3.       E-Banking
1.       SMS Banking
2.       M-Banking
3.       E-Banking

Kedua kartu ini tentunya memiliki beberapa perbedaan yang mecolok, akan tetapi dari segi fungsi, keduanya sangat direkomendasikan bagi anda yang sering bertransaksi perbankan. Hanya saja tahapan BCA lebih direkomendasikan bagi anda yang sering melakukan pembayaran via online dan tahapan Xpresi lebih direkomendasikan bagi anda yang lebih cenderung melakukan penarikan secara cash di ATM.

Jika anda berencana untuk membuat salah satu dari kedua rekening yang sudah kami paparkan di atas, akan jauh lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada customer service BCA terdekt di tempat anda. Pasalnya informasi yang kami paparkan di atas tidak bersifat mutlak dan bisa berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan dan disesuaikan dengan kebijakan dari pihak BCA. Sekian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel