Perbedaan Mobile Banking, pada BCA, BNI, BRI, Mandiri, SMS Banking, dan Internet Banking

Nasabah bank kini semakin dimudahkan dan juga dimanjakan dengan beragam fasilitas yang ada. Mengikuti perkembangan zaman, perbankan di Indonesia juga semakin berinovasi dengan memainkan perkembangan teknologi yang semakin hari tentunya semakin mutakhir dengan pembaruan-pembaruannya. Oleh karena hal ini juga para nasabah menjadi lebih terbantu untuk melakukan beragam transaksi.

Dari beberapa pembaruan yang disediakan atau difasilitasi oleh pihak bank untuk para nasabahnya adalah dengan membuat aplikasi atau dengan menghadirkan pemanfaatan internet. Pihak bank sudah banyak yang meluncurkan fasilitas ini dalam bentuk SMS Banking, Mobile Banking dan juga Internet Banking. Untuk penggunaan ketiga fasilitas ini dari setiap bank memiliki perbedaan yang mungkin akan sedikit membingungkan penggunanya.

Contoh Mobile Banking
Contoh Mobile Banking

Perbedaan SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking

SMS Banking adalah salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh bank dengan fitur layanan melalui pesan singkat atau SMS. Layanan SMS Banking ini memerlukan biaya yang diambil dari saldo pulsa, jadi jika anda tidak memiliki saldo pulsa yang mencukupi maka layanan SMS Banking tidak bisa dilakukan. Layanan SMS Banking dari BCA, BNI, BRI dan Mandiri sebetulnya tidaklah berbeda jauh.

Keempat bank ini memiliki layanan dengan fitur SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking yang terdepan, canggih dan juga sangat memudahkan. Hanya ada beberapa hal yang berkaitan dengan kebijakan setiap bank yang membedakannya akan tetapi fitur ini tetap terasa mudah untuk dilakukan. Seperti apa perbedaannya?

1. SMS Banking

SMS Banking adalah fitur yang paling terbatas jika dibandingkan dengan fitur yang lain. Akan tetapi layanan satu ini memiliki kelebihan yaitu anda dapat menggunakannya tanpa harus berada dalam jaringan internet, jadi akan lebih memudahkan ketika anda sedang di tengah tempat tanpa jaringan internet.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh SMS Banking antara lain:

- Untuk mengecek informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi kurs.
- Mengetahui informasi kartu kredit.
- Melakukan transfer dana dan pembayaran.

2. Mobile Banking

Kini layanan Mobile Banking telah berinovasi menjadi lebih baik. Jika sebelumnya layanan ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna provider tertentu, sekarang cakupannya sudah lebih luas dan bisa dinikmati oleh semua pengguna. Layanan Mobile Banking bisa dinikmati lewat ponsel seperti halnya SMS Banking. Beberapa fitur yang ditawarkan melalui Mobile Banking antara lain.

- Transfer antar rekening dan transfer antar bank
- Melakukan pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, TV berlangganan dan sebagainya
- Pembelian voucher e-commerce
- Mengetahui informasi rekening dan kurs
Cara Ganti PIN KeyBCA atau Reset Token BCA
Layanan Mobile Banking ini bisa anda nikmati dengan mengunduh aplikasi M-Banking yang tersedia dalam Playstore ataupun App Store. Aplikasi hanya bisa digunakan oleh nomor dan identitas yang sudah terdaftar sebagai nasabah.

3.Internet Banking

Di antara beberapa fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya, layanan Internet Banking adalah yang paling unggul, lengkap dan tentu saja paling fleksibel. Hampir serupa dengan layanan SMS Banking dan juga Mobile Banking, beberapa layanan yang disediakan oleh Internet Banking, di antaranya.

- Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup jumlah saldo, riwayat transaksi
- Informasi kurs
- Transfer antar rekening bank maupun antar bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal.
- Pembayaran, seperti pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.

Sementara itu keunggulan yang dimiliki oleh fitur Internet Banking seperti.

- Bisa diakses dari PC, laptop, tablet, maupun ponsel.
- Layanan tidak terikat waktu
- Dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis dengan ID dan password

Sementara itu untuk layanan SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking dari setiap bank memiliki alamat website dan juga aplikasi masing-masing yang bisa anda temukan dengan mudah di Google Playstore dan juga App Store. Tidak ada perbedaan yang berarti dari ketiga fitur untuk masing-masing bank.

Anda hanya perlu memastikan bahwa anda terdaftar sebagai nasabah, memiliki identitas yang telah didaftarkan sebagai nasabah dan memiliki akses ke layanan tersebut. Untuk info lebih lanjut anda bisa hubungi pihak bank.

0 Response to "Perbedaan Mobile Banking, pada BCA, BNI, BRI, Mandiri, SMS Banking, dan Internet Banking "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel