Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Kadaluwarsa dan Rusak Terbaru

Kartu ATM yang diberikan oleh pihak bank sebagai salah satu fasilitas setelah pembukaan rekening memiliki masa aktif sendiri. Biasanya kartu ATM memiliki masa aktif sekitar 5 tahun dan harus diperbaharui. Selain itu, kartu ATM juga bisa rusak karena kebiasaan penyimpanan yang salah. Jika kartu ATM Anda kadaluwarsa ataupun rusak, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Mengapa Kartu ATM BRI Bisa Kadaluwarsa?

Kartu ATM yang dikeluarkan oleh bank-bank konvensional maupun bank syariah di Indonesia umumnya punya masa aktif sendiri. Umumnya bank memberikan masa aktif sampai 5 tahun untuk kartu ATM. Setelah 5 tahun, Anda tidak akan bisa menggunakan kartu ATM tersebut untuk transaksi apapun.

Mengapa pihak bank membatasi masa aktif kartu ATM yang padahal bahannya tahan lama? Ternyata ini merupakan salah satu upaya antisipasi dari pihak bank demi keamanan dan kenyamanan semua nasabah. Karena kemungkinan besar kartu ATM bisa saja tergores, lecet, atau pudar setelah waktu 5 tahun dan akan sulit terdeteksi oleh mesin Anjungan Tunai Mandiri.

Cara mengetahui kapan batas waktu masa expired kartu ATM Anda cukup mudah. Biasanya tanggal expired kartu akan dicetak pada bagian depan kartu ATM. Letaknnya berada dekat dengan nomor kartu ATM dan juga nama pemilik. Ada keterangan “VALID THRU” diikuti bulan plus tahun kadaluwarsa misalnya “ 08 19”.

Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Kadaluwarsa dan Rusak
Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Kadaluwarsa dan Rusak

Cara Mengganti Kartu ATM BRI yang Rusak atau Kadaluwarsa

Selain karena masa aktif kartu yang sudah kadaluwarsa, kartu ATM juga harus diganti jika mengalami kerusakan. Kartu bisa saja rusak karena tertekuk, patah, tergores, atau bahkan hilang. Bagi Anda yang mengalami 2 masalah tersebut, maka Anda harus segera mengganti kartu ATM dengan yang baru. Untuk mendapatkan kartu ATM yang baru, Anda harus pergi ke bank dengan membawa:

1. Buku tabungan.
2. Kartu identitas yang digunakan untuk mendaftar saat membuka rekening bank BRI seperti KTP, SIM, atau passport.
3. Bagi pemegang jenis tabungan Junio yang belum punya kartu identitas seperti KTP atau SIM bisa menggunakan kartu pelajar, akta kelahiran, atau Kartu Keluarga yang dulu digunakan untuk mendaftar pembukaan rekening.
4. Kartu ATM BRI lama yang telah rusak atau kadaluwarsa.

Kemudian setelah semua dokumen siap, Anda bisa pergi ke bank BRI dimana Anda dulu membuka rekening dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Katakan kepada satpam di bank bahwa Anda akan mengurus penggantian kartu ATM.
2. Anda akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian pada bagian costumer service.
3. Tunggulah hingga nomor antrian Anda dipanggil.
4. Saat sudah dipanggil, katakan kepada petugas costumer service tentang masalah Anda apakah kartu ATM Anda kadaluwarsa atau rusak.
5. Tunjukkan semua syarat-syarat yang diminta kepada petugas costumer service.
6. Petugas costumer service kemudian akan memproses permohonan Anda.
7. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN ATM yang baru oleh petugas costumer service.
8. Jika sudah, Anda akan mendapatkan kartu ATM yang baru.
9. Anda akan dikenakan biaya penggantian kartu ATM sebesar Rp 15.000,00 dan harus Anda bayarkan pada petugas teller bank saat itu juga.

Cara Mengganti Kartu ATM BRI yang Kadaluwarsa atau Rusak Jika Buku Tabungan Hilang

Mungkin saja Anda bisa mengalami kejadian selain kartu ATM yang expired atau rusak, ternyata buku tabungannya juga hilang entah kemana. Kejadian ini biasanya baru Anda sadari saat Anda mencari buku tabungan untuk dibawa ke bank sebagai salah satu syarat untuk mengganti kartu ATM.
Cara Memblokir Kartu ATM BRI dan Membukanya Kembali Terbaru
Anda tak perlu panik dulu. Anda tetap bisa mengganti ATM BRI sekaligus mencetak buku tabungan yang baru. Namun ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti seperti berikut:

1. Anda wajib mengurus dulu surat kehilangan di kantor polisi (Polsek) terdekat.
2. Kemudian setelah mendapatkan Surat Kehilangan dari Kepolisian, Anda bisa pergi ke bank dengan membawa serta dokumen berupa KTP dan kartu ATM yang kadaluwarsa atau rusak.
3. Kemudian Anda bisa mengambil nomor antrian untuk bagian costumer service.
4. Saat sudah dipanggil, katakan kepada pihak costumer service bahwa Anda baru saja kehilangan buku tabungan dan kartu ATM rusak atau kadaluwarsa. Anda ingin mengganti keduanya.
5. Petugas costumer service kemudian akan memproses permohonan Anda dengan menerbitkan buku tabungan dan juga kartu ATM yang baru.
6. Anda akan dikenakan biaya penggantian buku tabungan sebesar Rp 25.000,00 yang bisa dipotong dari saldo di rekening Anda atau dibayarkan tunai langsung pada teller bank.
7. Anda juga akan dikenakan biaya penggantian kartu ATM BRI yang baru sebesar Rp 15.000,00.

Demi kenyamanan Anda saat bertransaksi di mesin Anjungan Tunai Mandiri, sebaiknya Anda segera mengajukan penggantian kartu ATM yang rusak atau kadaluwarsa di kantor cabang Bank BRI terdekat. Proses penggantian ini tidak akan memakan waktu yang lama dan Anda bisa mendapatkan kartu ATM yang baru hanya dalam tempo 1x24 jam saja.

0 Response to "Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Kadaluwarsa dan Rusak Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel