Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Tertelan Mesin Terbaru

Ada banyak kejadian dimana saat nasabah bertransaksi di mesin Anjungan Tunai Mandiri, kartu ATM-nya tertelan mesin dan tak bisa keluar. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa saja mesin ATM tiba-tiba mengeluarkan kartu beberapa waktu kemudian dan bisa disalahgunakan oleh orang lain. Ada pula modus tindak kejahatan yang mengganjal mesin ATM agar kartu tertelan dan pemiliknya panik.

Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Tertelan Mesin
Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Tertelan Mesin


Mengapa kartu ATM BRI Bisa Tertelan Mesin?

Ada beberapa penyebab mengapa kartu ATM yang Anda gunakan pada mesin bisa tertelan. Penyebab paling umum adalah mesin ATM yang sedang eror atau rusak. Namun ada juga tindak kriminalitas yang menggunakan perangkap pada mesin ATM untuk menjaring calon korbannya.

1. Mesin ATM Rusak/Eror

Mesin ATM bisa eror kapan saja. Mesin ATM BRI yang eror bisa menelan kartu dan tidak dikeluarkan lagi. Namun ada juga mesin eror yang justru memuntahkan kartu sehingga Anda tidak bisa bertransaksi. Ada juga mesin eror yang baru terdeteksi saat Anda sudah melakukan transaksi dan akhirnya gagal.
Macam-Macam Tabungan BRI yang Tersedia Terbaru
Jika mesin yang eror masih bisa mengeluarkan kartu ATM nasabah lagi, justru ini tidak akan menimbulkan masalah bagi Anda karena Anda bisa beralih tempat menggunakan mesin ATM di lokasi lain. Namun jika sudah menelan kartu, maka Anda harus segera mengurusnya ke bank.

2. Listrik yang Tiba-Tiba Mati

Mesin ATM punya sistem operasi Windows yang tentunya membutuhkan tenaga listrik untuk pengoperasiannya. Kadang kala, kasus kartu tertelan mesin ATM ini juga bisa terjadi saat nasabah sedang melakukan transaksi dan listrik tiba-tiba mati. Kartu nasabah pun terpaksa berada di dalam dan tak bisa keluar.

Kartu ATM yang tertelan ini tidak akan bisa keluar jika listrik masih tetap mati dan sistem operasi ATM booting ulang. Kadang waktu yang diperlukan untuk bisa booting ulang ini cukup lama. Kadang pula sistem operasi ATM tidak membaca bahwa ada kartu yang masih terjebak di dalam, sehingga kartu ATM pun tetap tertelan mesin.

3. Tindakan Kriminal

Satu hal yang harus sangat diwaspadai adalah jebakan yang dipasang pada mesin ATM untuk menjaring korbannya. Para penjahat ini biasanya menempatkan benda-benda seperti benang, tusuk gigi, senar, atau batang korek api untuk mengganjal mulut mesin ATM. Tujuannya jelas agar kartu ATM yang dimasukkan tersangkut dan tidak bisa dikeluarkan.

Nantinya penjahat akan berpura-pura sebagai salah satu nasabah bank BRI yang juga antri di mesin ATM dan pura-pura memberikan bantuan pada Anda.  Ada juga modus dimana sebelum mengganjal mulut mesin ATM, di ruangan tersebut sudah dipasang stiker call center bank BRI palsu agar nasabah yang panik kartunya tertelan langsung menghubungi nomer tersebut.

Langkah Pertama Mengurus Kartu ATM BRI yang Tertelan Mesin

Untuk menghindari tindak kejahatan yang tidak diinginkan dan jangan sampai kartu ATM disalahgunakan oleh orang lain, Anda harus segera melakukan tindakan pencegahan setelah kartu tertelan mesin. Anda harus segera memblokir kartu ATM agar saldo di dalamnya tetap aman dan tidak bisa diambil oleh pihak lain. Ada beberapa cara untuk memblokir kartu ATM yaitu:

1. Anda bisa menghubungi call center resmi BRI di 14017 atau 1500017. Katakan bahwa kartu ATM Anda tertelan mesin dan mintalah kepada call center untuk memblokirnya. Namun nantinya Anda harus membuka kartu ATM yang terblokir di bank BRI terdekat, tidak bisa melalui call center. Ingat pula untuk hanya menghubungi nomor tersebut, jangan sampai menghubungi nomor lain yang mengaku sebagai pihak bank BRI.

2. Anda juga bisa mendisable kartu ATM melalui layanan mobile banking dan internet banking BRI. Jika menggunakan layanan ini, maka Anda bisa meng-enable kartu ATM BRI lagi hanya dari aplikasi BRI Mobile di smartphone tanpa harus datang langsung ke bank.

Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI yang Tertelan Mesin

Setelah Anda melakukan pemblokiran kartu ATM lewat call center BRI atau melalui aplikasi BRI Mobile, Anda kemudian bisa mengurus kartu yang tertelan mesin di kantor cabang bank BRI terdekat. Anda tidak harus datang ke cabang bank BRI dimana Anda dulu membuka rekening. Anda harus mengajukan penggantian ATM BRI yang baru setelah tertelan mesin. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:

1. Kartu Identitas (KTP, SIM, atau passport).
2. Buku tabungan BRI.

Setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan, ikuti cara untuk mengurus kartu ATM BRI yang tertelan mesin ini:

1. Bawa semua dokumen yang diperlukan seperti di atas ke cabang bank BRI terdekat.
2. Kemudian ambil nomor antrian untuk bagian costumer service BRI.
3. Setelah nomor antrian dipanggil, katakan kepada petugas costumer service bahwa kartu ATM Anda telah tertelan mesin.
4. Biasanya petugas costumer service akan menanyakan lebih lanjut kapan waktu (hari dan jam) serta lokasi kartu ATM tersebut tertelan mesin.
5. Jika lokasi ATM tersebut dekat dengan bank dimana Anda mengurus kartu, pihak bank bisa membongkar mesin ATM dan Anda akan mendapatkan kartu ATM yang tertelan tersebut.
6. Jika lokasi kartu yang tertelan cukup jauh, Anda akan diberikan kartu ATM baru sebagai penggantinya.
7. Biaya penggantian kartu ATM yang tertelan mesin ini gratis. Namun Anda akan dikenakan biaya unblock kartu ATM sebesar Rp 5.000,00 yang harus dibayarkan pada petugas teller bank BRI saat itu juga.

Cara Mengurus Kartu ATM BRI yang Tertelan Mesin Bank Lain

Kartu ATM BRI jenis Classic, Gold, dan Premium bisa digunakan untuk transaksi pada mesin ATM bank lain. Anda bisa menggunakan jaringan ATM Bersama atau Prima. Jika saat menggunakan layanan mesin dari ATM Bersama atau Prima dan kemudian tiba-tiba kartu Anda tertelan, maka Anda harus segera memblokir dan mengurusnya ke bank.

Cara memblokirnya pun sama. Anda bisa menelefon call center bank BRI atau men-disable kartu melalui aplikasi BRI Mobile. Kemudian Anda harus datang ke kantor cabang bank BRI terdekat. Hanya saja kartu ATM BRI yang tertelan mesin bank lain tidak bisa didapatkan kembali. Anda harus mengurus proses penggantian kartu ATM dengan yang baru.

0 Response to "Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Tertelan Mesin Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel